Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sekolah Kapal Pesiar di Indonesia bagi Lulusan SMA-SMK, Sekian Biayanya

Kompas.com - 27/11/2023, 15:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bekerja di kapal pesiar menjadi impian banyak orang karena dapat melihat berbagai pemandangan indah dari laut.

Berdasarkan data penerimaan bantuan pemerintah Kemendikbud Ristek tahun 2021-2022, bidang perhotelan dan kapal pesiar termasuk dalam lima besar bidang keterampilan dengan peminat yang cukup banyak.

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di kapal pesiar, dapat memilih sekolah atau lembaga kursus terpercaya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Sekolah Pariwisata di Indonesia, Pelajar Wajib Tahu

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Teknologi, dan Riset terdapat 5 sekolah kapal pesiar di Indonesia.

5 sekolah kapal pesiar dan biayanya

1. NCL Madiun

Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) ini menawarkan program satu tahun sekolah perhotelan dan kapal pesiar. Terhitung, sudah ada 3.000 ribu alumni yang berhasil disalurkan kerja di kapal pesiar level internasional.

Biaya sekolah disini terbagi menjadi dua yaitu biaya administrasi sebesar Rp 200.00 dan biaya pendidikan sampai lulus sebesar Rp 13 juta.

2. Neptune Cruise

LKP ini pernah meraih penghargaan sebagai LKP berprestasi nasional Kemendikbud Ristek pada tahun 2018. Sistem pembelajarannya mengutamakan 80 persen praktek dan berstandar industri.

Biaya di LKP ini terbagi menjadi dua yaitu biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 dan biaya pendidikan sampai lulus sebesar Rp 13 juta. Durasi pembelajarannya selama 1 tahun, 6 bulan belajar di kampus dan 6 bulan training di industri.

Baca juga: Apakah Sekolah di STMKG Gratis dan Dapat Tunjangan? Ini Jawabannya

3. Sangkuriang Maritim Hotel Institute (SMHI)

Sekolah ini berada di Bogor dan sudah bekerja sama dengan berbagai industri kapal pesiar seperti Holland America Land. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi disini, kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000, biaya tes kesehatan sebesar Rp 400.000, dan biaya pendidikannya mulai dari Rp 20 juta.

4. Overseas Training Centre (OTC) Bali

Sekolah ini menawarkan program pendidikan selama satu tahun. Selain itu, sudah bekerja sama dengan industri kapal pesiar seperti MSC Cruise Land, Diamond Cruise Land. Biaya pendidikannya sebesar Rp 14-16 juta.

Baca juga: 5 Sekolah Kedinasan Akreditasi Unggul, Mulai dari AAU hingga STIN

5. IDeA Indonesia Akademi

Menawarkan program unggulan seperti program front office and back office, food beverage product, food beverage service, dan housekeeping. Program tersebut berlangsung 3-6 bulan saja. Biaya pendidikannya sebesar Rp 9.499.000

Itulah 5 sekolah kapal pesiar di Indonesia, mana yang menjadi incaranmu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com