Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Western Sydney University Buka Kampus di Surabaya, Fokus Bidang STEM

Kompas.com - 10/11/2023, 17:12 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Western Sydney University (WSU), salah salah satu perguruan tinggi terbaik di Australia resmi membuka kampus di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (9/11/2023).

Pembukaan WSU Surabaya dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan Australia Hon Jason Clare MP, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rektor Western Sydney University Jennifer Westacott, serta Wakil Rektor dan Presiden Barney Glover.

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim mengatakan bahwa pendirian kampus WSU di Surabaya menjadi tonggak penting bagi Indonesia dan Australia dalam meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas.

“Saya yakin melalui pendirian kampus WSU di Surabaya, akan meningkatkan mobilitas akademik, serta kerja sama dan penelitian antara kedua negara besar kita. Saya sangat mengapresiasi komitmen dan partisipasi aktif Western Sydney University dalam membentuk generasi pemimpin Indonesia masa depan,” ujar Nadiem.

Baca juga: Dirikan Kampus Perintis di Surabaya, Western Sydney University Buka Lowongan untuk Posisi Provost

Menteri Pendidikan Australia, Jason Clare menambahkan bahwa pendidikan adalah pintu menuju masa depan yang lebih baik. Kehadiran WSU di Surabaya diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk mendapatkan kualitas pendidikan terbaik meski tidak bisa langsung ke Australia.

Pembukaan Western Sydney University SurabayaDok. WSU Pembukaan Western Sydney University Surabaya

Fokus pada bidang STEM

Rektor Western Sydney University, Jennifer Westacott menyebut WSU Surabaya memiliki 5 disiplin ilmu yang mencakup beberapa bidang dan ilmu terapan.

"Kami berharap para mahasiswa WSU bisa menerapkan ilmu yang mereka peroleh dari kampus untuk masyarakat Jawa Timur termasuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Australia," ujar Jennifer.

Wakil Rektor dan Presiden, Barney Glover menambahkan hadirnya WSU di Indonesia diharapkan dapat memperkuat kerja sama Indonesia dan Australia dan memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk merasakan pengalaman kuliah di tingkat dunia.

"Kami juga berupaya menghadirkan wirausaha di masa depan," imbuhnya.

Baca juga: Ini Top 10 Negara Tujuan Beasiswa LPDP dan Uang Sakunya

Berada di peringkat 1 versi Times Higher Education Impact untuk komitmen pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, WSU fokus pada bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM), termasuk komputasi, data, dan teknik untuk mencerminkan kekuatan ekonomi dan industri di Surabaya dan Jawa Timur.

WSU menawarkan gelar dari kampus Australia bagi pelajar Indonesia mulai tahun 2024 tanpa harus bepergian ke luar negeri.

Terletak di Pakuwon Tower, dalam fase pertama WSU memfasilitasi 1.000 mahasiswa dan dalam fase kedua dapat memfasilitasi 1.700 hingga 2.000 mahasiswa.

Lima program yang ditawarkan yaitu Bachelor of Computer Science, Bachelor of Information and Communication Technology, Bachelor of Data Science, Bachelor of Engineering (Electrical), dan Bachelor of Business (Applied Finance).

Sebagai informasi, selama dua tahun berturut turut, WSU meraih predikat peringkat pertama dari Times Higher Education (THE) University Impact Rankings atas dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang telah ditimbulkan.

Melalui pencapaian tersebut, WSU melanjutkan dampak positifnya bagi masyarakat Indonesia dengan menghadirkan pendidikan yang diakui secara internasional dengan lingkungan belajar kelas dunia yang bertumpu kepada aspirasi mahasiswa dan berbasis teknologi di Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com