Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko PMK: Kampus Bisa Jadi Pusat Unggulan bagi Pembangunan Masyarakat

Kompas.com - 04/11/2023, 14:06 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gunadarma menginiasi program pembinaan UMKM berbasis kemitraan dengan pelatihan kepada para peternak di Kecamatan Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Program kompetifi ini didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek.

Baca juga: PB PGRI Cium Adanya Keterlibatan Kementerian dalam Hal KLB Ilegal

Gunadarma Kembali menggandeng Pemkab PPU untuk pelaksanaan program dan melibatkan dosen dan mahasiswa pada Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang sudah memulai perkuliahan untuk angkatan pertama di Kampus Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Penajam.

Kickoff program secara resmi dimulai tanggal 3 November 2023 dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendy.

Kedatangan Menko PMK sekaligus dalam rangka sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang diperoleh Gunadarma dari Kemenko PMK dan Forum Rektor Indonesia dengan tema digital citizenship.

Prof. Muhadjir memberikan arahan dan motivasi kepada civitas akademika dan masyarakat, termasuk para peternak sebanyak 35 orang.

"Saya berharap kampus dapat menjadi pusat unggulan yang membawa dampak terhadap pembangunan masyarakat di wilayahnya," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (4/11/2023).

Menko PMK juga menyinggung bagaimana peningkatan perekonomian daerah bisa didukung kualitas sumber daya manusia atau tenaga kerja lokal.

"Posisi strategis PPU dalam konteks pembangunan IKN harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk peningkatan ekonomi daerah dan pengembangan SDM di PPU," jelas dia.

Baca juga: Cerita Chira Raih IPK 3,98, Jadi Lulusan Terbaik Universitas Pertamina

Rektor Universitas Gunadarma, Prof. E.S. Margianti menyatakan, pelaksanaan program ini tidak terlepas dari keberadaan PSDKU di PPU sebagai langkah strategis institusi dalam merespon pembangunan IKN.

Berbagai kegiatan Gunadarma di Kampus Nusantara didedikasikan kapada masyarakat PPU, mulai dari penanganan stunting, penerapan TIK di sektor pendidikan dan pertanian, termasuk kegiatan berbagai hibah pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: PB PGRI: KLB Mengatasnamakan PGRI di Surabaya Ilegal

Adapun Gunadarma menjadi perguruan tinggi pertama yang membuka perguruan tinggi di wilayah penyangga IKN dengan 8 program studi jenjang sarjana, yaitu:

  • Informatika
  • Sistem Informasi
  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Teknik Sipil
  • Arsitek
  • Ilmu Komunikasi
  • Psikologi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com