Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Fathia, Mahasiswa yang Lolos Beasiswa IISMA ke Inggris

Kompas.com - 27/10/2023, 15:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan salah satu beasiswa bergengsi bagi mahasiswa untuk merasakan studi 1 semester di luar negeri.

Persaingan program IISMA sangat ketat setiap tahunnya. Beasiswa ini sangat menarik minat mahasiswa karena selama satu semester mahasiswa bisa belajar dan berkontribusi di luar negeri dengan pembiayaan dari pemerintah Indonesia.

Fathia Feriztha Saifuddin, mahasiswi program studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (TRKB) Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (Unair) yang tengah menjalani perkuliahan di University of Edinburgh hingga 23 Desember 2023 mendatang berbagi kiat mendaftar IISMA.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Swedia Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 17 Juta Per Bulan

“Aku memilih University of Edinburgh sebab course yang tersedia sesuai dengan minatku. Selain itu, perguruan tinggi ini secara konsisten masuk ke dalam 50 perguruan tinggi terbaik di dunia selama beberapa tahun terakhir. Budaya Skotlandia dan arsitekturnya yang menarik juga memikat hatiku memilihnya,” ungkap Thia, sapaan karibnya, dilansir dari laman Unair.

Thia menjelaskan bagaimana cara agar lolos beasiswa IISMA. Ia mengatakan butuh persiapan dan perjalanan yang menantang bagi Thia sehingga menjadi penerima beasiswa IISMA.

Ia berhasil melewati dua tahap yaitu tahap administrasi dan tahap wawancara.

Pada tahap administratif, pendaftar mengunggah beberapa dokumen seperti sertifikat bahasa Inggris, esai sebanyak empat buah, surat dari kepala program studi, surat yang diberi tanda tangan orang tua, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kisah Mujab, Lulusan UI Gapai Beasiswa LPDP ke Inggris berkat Doa Ibu

Setelah dinyatakan lolos pada tahap pertama, mahasiswa akan lanjut ke tahap wawancara yang berlangsung menggunakan bahasa Inggris dengan durasi maksimal 30 menit.

Menurut Thia, hal pertama yang terdapat dalam diri mahasiswa ketika hendak mengikuti IISMA atau pertukaran mahasiswa lainnya adalah keraguan.

Jangan pernah mundur, melainkan lawan rasa ragu tersebut dan berani untuk mencoba.

Hasil yang tidak sesuai ekspektasi dapat menjadi pembelajaran untuk lebih baik ke depannya.

“Selalu ada pembelajaran berharga dari kegagalan dan ini menjadi bekal untuk kesempatan berikutnya. If you’re brave enough to dream it, then be brave to do something about it to make it a reality,” kata dia.

Sementara terkait pengalaman di luar negeri, mahasiswi angkatan 2020 tersebut mengungkapkan bahwa setibanya di Edinburgh ia merasakan perbedaan yang cukup kentara. 

Terdapat beragam arsitektur dengan ciri khas seperti arsitektur Medieval (abad pertengahan), Georgian, dan Neo-classical.

“Walau sebagian bangunan yang terdapat di kampus mengikuti arsitektur modern, tetapi masih terdapat bangunan-bangunan dengan arsitektur kuno yang dikenal dengan Old College. Old College merupakan bagian ikonis University of Edinburgh yang biasanya sebagai kelas mahasiswa hukum,” tutur Thia.

Selain kegiatan akademik, University of Edinburgh juga menyediakan berbagai kegiatan non-akademik.

Beberapa kegiatan tersebut adalah sports club sebagai wadah bagi mahasiswa yang tertarik dengan olahraga dan society untuk menyalurkan minat mahasiswa.

“Banyak sekali sports club dan society yang ditawarkan. Butuh empat hari untuk memperkenalkan kegiatan non-akademik kepada mahasiswa melalui pameran,” pungkas Thia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com