Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kisaran Biaya Kuliah di Singapura dari Jenjang Diploma dan Sarjana

Kompas.com - 23/10/2023, 07:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Informasi mengenai biaya kuliah di Singapura dibutuhkan calon mahasiswa yang ingin kuliah di salah satu negara tetangga terdekat Indonesia ini.

Pendidikan tinggi di Singapura menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Sehingga wajar banyak calon mahasiswa asal Indonesia memilih kuliah di Sngapura.

Beberapa perguruan tinggi terbaik di Singapura yang bisa kamu pilih seperti Singapore Institute of Management (SIM), Nanyang Institute of Management, Singapore Management University, National University of Singapore (NUS), Singapore University of Technology and Design, Nanyang Technological University dan masih banyak lagi.

Selain menggunakan beasiswa, kamu juga bisa kuliah menggunakan biaya mandiri untuk kuliah di Singapura.

Baca juga: 4 Kota dengan Biaya Terjangkau untuk Kuliah Kedokteran di Luar Negeri

Kisaran biaya kuliah di Singapura

Untuk itu, biaya kuliah di Singapura perlu kamu ketahui sebagai gambaran biaya pendidikan yang perlu dipersiapkan.

Dilansir dari laman konsultan pendidikan luar negeri ICAN Education, Minggu (22/10/2023) membagikan informasi mengenai kisaran biaya kuliah di Singapura.

Sama di Indonesia, biaya kuliah di Singapura juga tergantung jenjang pendidikan yang ditempuh, baik itu jenjang Diploma, Sarjana hingga Pascasarjana.

Apabila memilih jenjang Diploma berarti kamu harus membayar 12.000 dollar Singapura sampai 25.000 dollar Singapura atau setara Rp 119 juta hingga Rp 247 juta per tahun.

Biaya kuliah S1 di Singapura berkisar 20.000 dollar Singapura sampai 60.000 dollar Singapura, setara dengan Rp 198 juta hingga Rp 593 juta setiap tahunnya.

Sedangkan mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah Pascasarjana di Singapura, kamu membutuhkan biaya kuliah berkisar 30.000 dollar Singapura sampai 70.000 dollar Singapura atau sekitar Rp 269 juta sampai Rp 692 juta per tahun.

Baca juga: Biaya Kuliah di ITB Jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri

Setelah tahu biaya kuliah yang perlu dipersiapkan di Singapura, ketahui pula biaya lainnya yang dibutuhkan selama mengenyam pendidikan.

Biaya hidup bagi mahasiswa Singapura tidak lebih mahal dari negara maju lainnya. Apabila kamu tak punya kerabat yang berada di Singapura, tentunya kamu membutuhkan biaya sewa akomodasi. Seperti flat dari pemerintah Singapura dengan kisaran biaya 2.200 dollar Singapura hingga 3.000 dollar Singapura, setara dengan nilai Rp 20 juta - Rp 30 juta.

Agar kamu dapat lebih menghemat soal akomodasi, mahasiswa bisa menyewa satu kamar pada satu apartemen orang.

Atau biasa disebut dengan istilah menjadi paying guest. Biaya sewa satu kamar dalam apartemen orang lain mencapai Rp 5 juta - Rp 19 juta.

Kebutuhan penting lainnya yang dibutuhkan saat kuliah di Singapura adalah biaya makan setiap harinya, yaitu sebesar Rp 2 juta - Rp 6 juta per bulan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com