Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswi TK Al Azhar 31 Yogyakarta Khatam Juz 30 Al Quran, Ini Rahasianya

Kompas.com - 22/10/2023, 15:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu siswa TK Islam Al Azhar 31 Yogyakarta, Aluna Azkadina Jati berhasil khatam Al Quran Juz 30. Prestasi dari Aluna dirayakan dengan cara unik bersama teman-teman dan para guru.

Aluna diarak keliling sekolah sebagai bentuk apresiasi kepada murid tersebut serta motivasi bagi seluruh murid dan civitas pada umumnya.

Dilansir dari laman Al Azhar Yogyakarta, Minggu (22/10/2023) Aluna diarak berkeliling kampus dari KB-TK hingga SMA diikuti oleh seluruh murid lainnya dengan diiringi alunan sholawat.

Aluna merupakan siswi kelas TK B, yang sudah mempelajari Al Quran sejak usia 3 tahun. Tentu keberhasilan tersebut tidak lepas dari usaha yang dilakukan oleh kedua orangtuanya selama ini.

Baca juga: Hafal 30 Juz Al Quran, Farid Gapai Kuliah Gratis di UM Surabaya

Dengarkan Al Quran sejak usia 3 tahun

Dari sejak usia 3 tahun, Aluna selalu diperdengarkan Al Quran di rumahnya. Sehingga Aluna bisa lebih dekat dengan Al Quran dan lebih mudah menghafalkan dan mencintainya.

Aluna kemudian mulai menghafal dari surat-surat pendek hingga yang panjang. Dan saat ini Aluna telah menyelesaikan hafalannya juz 30 dan melanjutkan juz berikutnya.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur kepada Allah SWT diberikan anugerah, bahwa anak kami tercinta di usia 5 tahun 11 bulan sudah bisa menyelesaikan munaqasah hafalan juz 30," terang orangtua Aluna seperti dikutip dari laman Al Azhar Yogyakarta, Minggu (22/10/2023).

Orangtua dari Aluna menyampaikan terimakasih kepada pihak sekolah dan yayasan yang telah memberikan support kepada anak kami mulai dari KB, hingga TK B di kelas tahfidz yang luar biasa.

Baca juga: Apakah Lulusan SMA Jurusan IPS Bisa Masuk Akpol? Cek Jawabannya

Orangtua dari Aluna juga menyampaikan tips yang dilakukan selama di rumah. Mereka mencoba menerapkan untuk anak bagaimana agar menghafal Al Quran adalah hal yang menyenangkan, bukan yang menakutkan apalagi hal sulit.

Orangtua dari Aluna berusaha membawa Al Quran ke kehidupan sehari-hari.

"Kita putarkan murotal, dan itu tidak hanya ketika mengaji, namun juga di dalam kesehariannya. Baik saat bermain maupun belajar. Kami berharap dia bisa menghafal baik secara langsung maupun tidak langsung," bebernya.

Selain itu dukungan di sekolah juga sangat membantu karena dari KB hingga TK B tahfidz juga sudah diajarkan Al Quran.

Orangtua Aluna berharap untuk Aluna sendiri, orangtuanya dan seluruh murid bisa termotivasi lebih semangat, Istiqomah untuk mencintai Al Quran.

"Mudah-mudahan tidak hanya hafal, namun juga bisa memahami isinya serta mengamalkannya dengan baik," imbuhnya.

Harapannya kelas tahfidz tidak hanya ada di TK B saja, namun juga ada di TK A. Menurutnya itu akan sangat membantu agar lebih mudah menghafalnya di TK B Tahfidz.

Baca juga: 7 Hal Penting yang Harus Dilakukan Mahasiswa di Semester Awal

Kepala TK Al Azhar 31 Yogyakarta Tri Damayanti berharap Aluna bisa semakin istikomah dan terus rajin mengaji dan mencintai Al Quran setiap harinya, serta menjadi motivasi bagi siswa lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com