Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Sekolah SMA Taruna Nusantara, Ada Jalur Beasiswanya

Kompas.com - 14/10/2023, 14:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu sekolah ternama di Indonesia, SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang masih menjadi incaran calon siswa baru. Maka dari itu, calon siswa harus mempersiapkan diri dengan baik jika ingin masuk SMA TN.

Salah satu hal yang harus disiapkan ialah terkait biaya sekolah. Jadi berapa biaya sekolah SMA Taruna Nusantara? Tentu calon siswa harus paham.

Apalagi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 SMA Taruna Nusantara juga bakal dibuka pada awal 2024 mendatang.

Dilansir dari laman SMA Taruna Nusantara, SMA Taruna Nusantara adalah SMA Unggulan berciri kenusantaraan, untuk membentuk pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, dengan bercirikan kenusantaraan.

Baca juga: Kriteria Siswa yang Bisa Daftar Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 4

Serta memiliki daya saing Nasional maupun Internasional dengan Pamong Pengajar Pengasuh dan Pamong Administrasi berkualitas.

SMA TN dibangun dan disiapkan menjadi satu kesatuan utuh dengan sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan yang modern yang mampu mengembangkan siswa secara profesional menjadi lulusan berkualitas tinggi yang siap berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.

Biaya sekolah SMA Taruna Nusantara

Jika kamu ingin masuk SMA tersebut, ada empat biaya yang dibayarkan siswa, yakni uang pangkal, uang komite sekolah, uang kontribusi khusus dan BOP atau SPP.

Akan tetapi, biaya sekolah SMA Taruna Nusantara dibagi dalam tiga kategori sesuai jalur pendaftaraan siswa baru.

Jalur itu ialah jalur beasiswa (BS), jalur Iuran Sekolah (IS) serta jalur Kontribusi Khusus (KK).

Berikut ini rincian biaya sekolah SMA Taruna Nusantara sesuai dengan jalur penerimaan siswa baru:

1. Jalur Beasiswa

Jika siswa berhasil diterima di SMA Taruna Nusantara melalui jalur beasiswa, maka akan dibebaskan dari sejumlah komponen pembiayaan. Seperti uang pangkal, uang komite sekolah, uang kontribusi khusus, biaya operasional pendidikan.

Siswa yang lolos lewat jalur beasiswa di Taruna Nusantara tetap akan membayar sumbangan sukarela yang diisi sesuai kesanggupan.

Baca juga: 8 Manfaat Makan Buah dan Sayur bagi Siswa

2. Jalur Iuran Sekolah

Sedangkan bagi siswa yang diterima di SMA Taruna Nusantara lewat jalur Iuran Sekolah, maka akan membayarkan sejumlah komponen pembiayaan, yaitu:

  • Uang pangkal: Rp 50 juta
  • Uang komite sekolah: Rp 1 juta
  • Biaya operasional pendidikan atau seperti SPP sebesar Rp 5 juta per bulan selama menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara.

Bagi yang diterima lewat jalur ini dibebaskan dari uang kontribusi khusus. Tetapi tetap membayarkan sumbangan sukarela dengan nominal diisi sesuai kesanggupan.

3. Jalur Kontribusi Khusus

Bagi yang diterima lewat jalur kontribusi khusus, maka akan membayar sejumlah komponen pembiayaan, seperti:

  • Uang pangkal: Rp 50 juta
  • Uang komite sekolah: Rp 1 juta
  • Uang kontribusi khusus: Rp 125 juta
  • Biaya operasional pendidikan atau SPP: Rp 5 juta per bulan selama pendidikan
  • Sumbangan Sukarela diisi sesuai kesanggupan

Catatan:

Nantinya, selama pendidikan tidak ada lagi biaya tambahan ataupun biaya tersembunyi. Semua sudah tercakup dalam Iuran Sekolah.

Baca juga: Sejarah Lubang Buaya, Info bagi Siswa Balajar Sejarah G-30-S PKI

Tentu mahalnya biaya sekolah SMA Taruna Nusantara ini karena siswa akan menikmati fasilitas lengkap. Sebab, sekolah ini menerapkan lingkungan berasrama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com