Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Mahasiswa UI, ITB, dan Unpar Juara "BCA Business Case Competition 2023"

Kompas.com - 29/09/2023, 17:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kelompok "Pau Petrol" terdiri dari mahasiswa Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Katolik Parahyangan menyandang juara pertama "BCA Business Case Competition 2023: Be an Enthusiastic Marketer".

"BCA Business Case Competition 2023: Be an Enthusiastic Marketer" juga memberikan penghargaan bagi dua mahasiswa Universitas Udayana dan Universitas Indonesia sebagai "Most Valuable Participant".

Para pemenang berhasil memperoleh total hadiah senilai Rp 50 juta serta kesempatan magang dan berkarier di BCA.

"BCA Business Case Competition 2023" berlangsung dari 21 Agustus hingga 1 September dan diikuti lebih dari 2.250 mahasiswa di seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut, 60 mahasiswa dipilih mengikuti babak eliminasi, hingga tersisa 30 peserta terbaik mengikuti babak semifinal yang dilaksanakan di BCA Learning Institute yang berlokasi di Sentul, Bogor.

Mereka kemudian harus melakukan roleplay dan presentasi untuk mencapai posisi tiga besar.

Kepala BCA Kantor Wilayah I Fely Hadinata, SVP Marketing Communication BCA Norisa Saifuddin, dan SVP Cash Management BCA Irwan Prabawa hadir sebagai dewan juri dan menguji potensi yang dimiliki mahasiswa.

“BCA mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan para peserta BCA Business Case Competition 2023," ungkap Direktur BCA Lianawaty Suwono melalui rilis resmi (29/9/2023).

Setelah mengikuti rangkaian kompetisi ketat, Lianawaty Suwono berharap seluruh peserta tidak hanya membawa pulang hadiah berupa materi saja, namun juga dapat membawa pulang berbagai pengalaman dan pengetahuan. 

Peserta diharapkan dapat mengimplementasikan pengalaman dan pengetahuan yang mereka dapatkan dalam menempuh pendidikan serta saat memasuki dunia kerja ke depan.

Baca juga: Robot Terbang UGM Kembali Raih Gelar Juara Umum di KRTI 2023

 

"Kami juga merasa bangga dapat memberikan kesempatan bagi para pemenang untuk menjadi bagian dari keluarga BCA dan melihat kontribusi yang dapat mereka berikan kepada BCA,” tambah Lianawaty Suwono.

Selama mengikuti kompetisi, peserta diberikan pelatihan terkait ilmu marketing serta tips negosiasi yang diharap dapat menjadi bekal baik saat mahasiswa mulai terjun ke dunia kerja.

EVP Human Capital BCA, Rudi Lim menyampaikan, “melihat tingginya animo mahasiswa Indonesia mengikuti kompetisi yang baru dilaksanakan di tahun pertamanya, kami harap BCA dapat kembali melaksanakan BCA Business Case Competition."

Ia berharap gelaran BCA Business Case Competition dapat menjadi ajang rutin dan menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa setiap tahunnya.

"Kami juga harap BCA Business Case Competition dapat menjadi inspirasi mahasiswa Indonesia untuk mengasah minat dan bakat mereka di dunia perbankan,” ujar Rudi Lim.

Sebagai informasi, "BCA Business Case Competition 2023: Be Enthusiastic Marketer" sudah dimulai sejak tahap pendaftaran pada pertengahan Juli 2023, dilanjutkan dengan babak eliminasi online dan offline, serta babak final di sepanjang Agustus 2023.

BCA juga berharap program ini dapat menjadi bentuk nyata dari komitmen BCA dalam mempercepat realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan mendukung para peserta untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

Baca juga: Kemenag Usul Juara MTQ Bisa Langsung Jadi PNS

"Kegiatan BCA Business Case Competition 2023 juga menjadi upaya bagi BCA untuk melahirkan generasi muda yang unggul, yang ingin mengeksplorasi dan mengembangkan diri di dunia perbankan," tutup Rudi Lim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com