Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Terbang UGM Kembali Raih Gelar Juara Umum di KRTI 2023

Kompas.com - 29/09/2023, 15:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Pada gelaran Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 pada 22-27 September 2023 di Lampung, tim robot terbang UGM Gamaforce berhasil mempertahankan gelar juara umum.

Gelar ini diraih tim UGM karena berhasil mendominasi perolehan medali di KRTI 2023. Gamaforce meraih 4 medali emas, 2 perak dan 1 juara harapan.

Menurut Ketua Gamaforce, Yonathan Destianto, prestasi membanggakan ini bahkan diraih tim UGM dengan menjadi juara umum KRTI dari tahun 2015.

"Dengan kemenangan ini menjadikan Gamaforce tujuh kali menyabet Juara Umum KRTI dari tahun 2015 lalu," ujarnya saat konferensi pers di UGM, Jumat (29/9/2023), seperti dikutip dari laman UGM.

Baca juga: Menteri PPN: SV UGM Bisa Jadi Rujukan Pendidikan Vokasi

Dijelaskan bahwa capaian tim UGM ini menjadikan Gamaforce UGM sebagai juara bertahan KRTI selama tujuh kali sejak tahun 2015 silam.

Lima kali secara beruntun menyabet juara umum pada tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019. Lalu, kembali meraih juara umum pada tahun 2021 dan 2023.

Ia menjelaskan, timnya mengirimkan 9 pesawat tanpa awak ke Lampung. Ada 87 anggota Gamaforce yang tergabung dalam empat sub tim Gamaforce yang berlaga di KRTI 2023.

Sedang 4 sub tim tersebut adalah Rasayana, Fiachra Aeromaper, Gadjah Mada Fighting Copter dan Khageswara Technology Development.

"Harapannya ke depan kami masih bisa terus mempertahankan gelar Juara Umum KRTI. Lebih dari itu, kami ingin nantinya seluruh karya pesawat tanpa awak yang dikembangkan bisa bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.

Sementara Koordinator Dosen Pembina Gamaforce, Dr. Andi Dharmawan, S.Si., M.Cs., menyampaikan bahwa keberhasilan menjadi juara umum sebanyak tujuh kali bukanlah sekedar angka.

Tetapi sebagai pembuktian UGM melalui tim Gamaforce mampu secara terus menerus bekerja keras dan berdedikasi tinggi.

"Kami bersyukur atas dukungan dan semangat yang tak pernah padam dari berbagai pihak. Kami akan terus berupaya untuk mempertahankan prestasi ini dan menginspirasi generasi berikutnya," ungkap dia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni UGM, Dr. Arie Sujito, mengapresiasi prestasi yang diraih tim Gamaforce dalam kompetisi robot terbang tingkat nasional.

Capaian ini tentu menjadi hasil kerja keras, kontinuitas, komitmen, serta kekompakan tim Gamaforce untuk terus meraih prestasi.

Baca juga: Rosemery UNY Juara II Kontes Robot Seni Tari Indonesia

"UGM bangga akan keberhasilan yang dicapai tim Gamaforce. Karya ini tentu akan bermanfaat untuk mereka dan UGM serta ke depan semoga kian memperkuat teknologi yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com