Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Masuk IPB 2024 Tanpa Tes? Ada 15 "Golden Ticket" bagi Siswa SMA-SMK

Kompas.com - 28/09/2023, 09:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor atau IPB University menyediakan 15 golden ticket bagi siswa SMA sederajat yang akan mendaftar pada tahun 2024.

Ke-15 golden ticket ini bisa didapatkan dari program Future Agile Leader Program (FALP) 2023. Anggota OSIS dan ekskul sekolah bisa ikut mendaftar program ini.

Lewat FALP, mahasiswa bisa langsung masuk IPB University tanpa perlu tes.

FALP sendiri adalah program Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) bekerjasama dengan IPB University.

FALP merupakan inkubator kepemimpinan yang mewadahi siswa-siswi SMA/sederajat di Indonesia. Tahun ini FALP mengusung tema “Empowering Gen-Z: Building Resilient Agile Leaders”. Program ini sudah memasuki tahun ketiga sejak dikenalkan pada 2021. 

Baca juga: Cerita Dua Siswa Madrasah Raih Golden Ticket Masuk ITS Tanpa Tes

"FALP merupakan program tahunan yang diselenggarakan DPP HA IPB University dan merupakan salah satu projek besar dalam program Mentoring Leader," kata Walneg S Jas, Ketua Umum DPP HA IPB University, dilansir dari laman resmi IPB.

Walneg menjelaskan, program FALP bertujuan untuk memberikan pendampingan kepemimpinan yang komprehensif kepada para aktivis badan pengurus harian (BPH) organisasi/ekstrakurikuler pada tingkat SMA/sederajat di seluruh Indonesia.

Program ini dilaksanakan dari bulan September hingga Desember 2023.

"Forum FALP, di samping niatnya menempa bakat dan skill kepemimpinan adik-adik pelajar, kami juga akan memperkenalkan bahwa IPB University selalu hadir untuk membantu masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa. Jadi di setiap acara akan kita perkenalkan IPB University dan kegiatan-kegiatannya," ujar Walneg.

Baca juga: Finalis OSN 2023 Dapat Golden Ticket Masuk IPB University 2024

Program FALP merupakan respons persoalan kepemimpinan bangsa saat ini. Di mana masih banyaknya kasus korupsi, miss-management, dan kejadian-kejadian yang menunjukkan kualitas kepemimpinan kurang bagus. Oleh karena itu, lewat FALP diharapkan siswa bisa digembleng agar menjadi pemimpin lebih baik di masa mendatang.

"Syarat dan profil pemimpin masa depan telah mengalami banyak perubahan dan harus menyesuaikan dengan berbagai tantangan baru akibat disrupsi teknologi serta industri 4.0 yang kita alami. Alumni IPB University yang telah berkiprah sebagai pemimpin di berbagai bidang pengabdian akan menularkan pengalaman dan kapabilitasnya dalam memimpin," tuturnya.

Lebih lanjut Walneg mengatakan program FLAP dapat diikuti oleh aktivis Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS dan organisasi ekskul lainnya.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 di Amerika bagi Perempuan, Tunjangan sampai Rp 773 Juta

Program ini sekaligus berfungsi sebagai media untuk mengenal IPB University serta inovasi-inovasi yang telah dikembangkan. Ia berharap pendaftar FALP tahun ini mencapai 5.000 hingga 6.000 orang.

Puncak kegiatan FALP 2023 adalah diundangnya 50 orang peserta terbaik dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan Leadership Camp.

Nantinya, akan terpilih sebanyak 15 Best Young Leaders yang berhak mendapatkan penghargaan berupa tiket Free Pass untuk menjadi mahasiswa di IPB University.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com