Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Baca Ebook Gratis? Akses Perpustakaan Digital Kemendikbud-Gramedia

Kompas.com - 19/09/2023, 11:29 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Membaca buku bisa menjadi langkah awal membangun budaya literasi. Kemampuan literasi dibutuhkan karena dinilai mampu meningkatkan kualitas individu, keluarga, hingga masyarakat.

Guna memperkuat budaya literasi di Indonesia pada era digital. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berkomitmen dengan Gramedia menghadirkan Perpustakaan Digital.

Kolaborasi Perpustakaan Digital yang telah berjalan sejak November 2019 hingga saat ini sudah memiliki 131.325 pengguna.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Oxford, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 297 Juta

Hadirkan 11.107 koleksi buku

Perpustakaan Digital menghadirkan ribuan buku dari berbagai genre dan disediakan secara daring, memungkinkan akses yang lebih mudah dan luas bagi pembaca di seluruh negeri. Kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan minat baca, serta membawa manfaat besar bagi pendidikan di Indonesia.

Perpustakaan Digital mencakup berbagai jenis buku, mulai dari buku anak-anak hingga karya-karya sastra terkenal dan buku-buku non-fiksi yang relevan.

Jumlah koleksi digital yang disediakan mencapai hingga 11.107 koleksi berupa buku, majalah, koran, dan majalah jendela.

Pengguna dapat mengaksesnya melalui platform yang ramah pengguna, membuat literasi lebih mudah diakses.

Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbud, Anang Ristanto mengatakan, kerja sama antara Gramedia dan Kemendikbud ini merupakan bukti nyata komitmen bersama untuk mendukung perkembangan literasi di Indonesia.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Jepang 2024: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

“Kami berharap teman-teman Gramedia dapat mendukung program-program kami untuk meningkatkan literasi anak-anak di Indonesia agar bisa berjalan dengan baik,” ujar Anang.

General Manager Marketing Gramedia, Made Ruswidhi mengatakan bahwa Perpustakaan Digital merupakan salah satu langkah maju dalam mendukung kampanye untuk membawa kebahagiaan literasi kepada masyarakat Indonesia.

“Dengan Perpustakaan Digital ini, Gramedia berkomitmen untuk memberikan akses yang mudah dan kesempatan yang sama bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses buku-buku digital. Kolaborasi ini adalah langkah awal dalam mengembangkan minat baca serta meningkatkan budaya literasi di era digital yang semakin maju," ujar Made.

Kerja sama antara Gramedia dan Kemendikbud ini, lanjut Made, merupakan bukti nyata komitmen bersama untuk mendukung perkembangan literasi di Indonesia. Akses perpustakaan digital di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com