Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Kuliah di MIT, Kampus Nomor 1 Dunia

Kompas.com - 08/09/2023, 10:48 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Amerika Serikat kerap menjadi pilihan pelajar untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Negara tersebut memiliki banyak kampus ternama dan kualitas pendidikan yang baik.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di bidang teknologi, kamu bisa memilih kampus Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kampus yang berlokasi di Cambridge, Amerika Serikat ini menduduki peringkat 1 kampus terbaik di dunia menurut QS World University Rankings 2023 dan selama 9 tahun berturut-turut.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Gates Cambridge 2024 Segera Dibuka, Tunjangan Rp 389 Juta

Untuk berkuliah di sini, kamu harus menyiapkan sejumlah biaya. Berikut dilansir dari laman Top University:

1. Biaya kuliah

Biaya kuliah di MIT terbilang cukup fantastis. Bagi kamu yang melanjutkan studi jenjang S1 biayanya sebesar 55.450 atau sekitar Rp 824 juta per tahun.

Sedangkan, bagi kamu yang melanjutkan studi S2 biayanya sebesar 53.450 atau sekitar Rp 794 juta per tahun.

2. Biaya asrama

Semua mahasiswa tahun pertama akan tinggal di asrama dengan tujuan untuk mengenal lingkungan kampus dan biaya sewa asrama ini sebesar 10.430 USD atau sekitar Rp 159 juta sekitar per tahunnya.

Baca juga: Kisah Arum, Guru PAUD yang Raih Beasiswa S2, Lulus dengan IPK 4,00

3. Biaya tempat tinggal

Apabila kamu sudah tidak tinggal di asrama, kamu dapat memilih tempat tinggal sendiri. Kamu bisa memilih tempat tinggal seperti apartemen standar yang bertarif 1.000 USD atau sekitar Rp 15 juta per bulan.

4. Biaya makan

Biaya makan termasuk biaya yang cukup besar yaitu sebesar 10 USD atau sekitar Rp 140 ribu untuk sekali makan. Jika dalam sehari kamu makan tiga kali dan di total dalam setahun biaya makan sebesar 10.950 USD atau sekitar Rp 167 juta.

Namun, biaya ini bisa lebih besar jika kamu menghabiskan waktu dengan nongkrong bersama teman di kafe atau restoran.

5. Biaya pribadi

Biaya yang meliputi laundry, membeli baju, jalan-jalan, dan transportasi. Diperkirakan biayanya mencapai 2.160 atau sebesar Rp 32 juta per tahun.

Kamu dapat menekan biaya ini dengan tidak sering berbelanja dan berjalan kaki jika berpergian ke tempat yang dekat. Kamu juga bisa mencuci baju sendiri jika kamu memiliki waktu luang.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

6. Biaya buku

Diperkirakan setiap mahasiswa merogoh kocek sebesar 820 USD atau sekitar Rp 12 juta untuk membeli buku selama satu tahun.

Jika kamu ingin berhemat, kamu bisa mencari buku dari kakak tingkat, mengakses ebook, atau meminjam buku diperpustakaan.

Kisaran biaya per tahun

Dari biaya tersebut, dalam satu tahun, diperkirakan total biaya yang diperlukan untuk melanjutkan studi di MIT adalah 77.810 sampai 81.380 USD atau sekitar Rp 1,1 sampai Rp 1,2 miliar.

Namun, biaya ini bisa berkurang apabila kamu mendapatkan beasiswa yang disediakan universitas untuk mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com