Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Rektor Universitas Andalas 2023, Dosen Luar Boleh Ikut Bersaing

Kompas.com - 17/08/2023, 22:11 WIB
Perdana Putra,
Albertus Adit

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat membuka pendaftaran calon rektor mulai 1-21 September 2023. Pemilihan ini untuk menggantikan Rektor Yuliandri yang berakhir masa jabatannya pada 24 November 2023 mendatang.

Menariknya, pendaftaran terbuka untuk calon dari luar Unand.

"Kita membuka kesempatan bagi calon dari luar Unand untuk bisa bersaing dalam pemilihan rektor Unand 2023 ini. Boleh dari UI, ITB atau lainnya," kata Ketua Panitia Pemilihan, Febrin Anas Ismail kepada wartawan, Rabu (16/8/2023) di Padang.

Febrin menyebutkan calon rektor yang bersaing harus memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) Unand No. 2 Tahun 2023 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian Rektor Unand.

Baca juga: Simak 5 Tips Manajemen Waktu Mahasiswa Baru

Diantara persyaratan yang krusial adalah harus berumur maksimal 60 tahun, berpengalaman menjabat minimal sebagai Ketua Jurusan selama 2 tahun dan minimal S3.

Febrin menyebutkan proses pemilihan berlangsung dalam tiga tahap yaitu penjaringan di tingkat dosen, penyaringan di tingkat senat dan pemilihan di tingkat MWA.

"Untuk pemilihan di tingkat MWA dilaksanakan pada 31 Oktober 2023 dan dilantik 24 November 2023," jelas Febrin.

Sementara Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Werry Darta Taifur mengatakan pemilihan rektor tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena Unand sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Pemilihan kali ini, kata Werry dilaksanakan sesuai dengan Peraturan MWA bukan Peraturan Menteri.

"Pemilihan calon rektor itu secara final dipilih oleh MWA yang berjumlah 17 orang dari unsur dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, tokoh masyarakat dan menteri," kata Werry.

Werry mengatakan untuk suara Mendikbud Ristek berjumlah 9 suara sehingga total 25 suara yang diperebutkan dalam pemilihan.

Baca juga: Melalui Beasiswa Adik, Itera Terima 6 Mahasiswa Asal Papua

"Calon yang terpilih nantinya akan dilantik langsung oleh Ketua MWA dengan masa periode selama 5 tahun," kata Werry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com