Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPI Jepang Gelar "Indonesian Students Festival 2023" di Pusat Tokyo

Kompas.com - 15/08/2023, 16:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPI Jepang) mengadakan festival mahasiswa di Curian Shinagawa, Tokyo, Jepang bertajuk "Indonesian Students Festival (ISF) 2023".

Acara bertujuan mempererat hubungan Indonesia-Jepang dan mengenalkan karya serta prestasi mahasiswa Indonesia baik ke audiens Jepang maupun sesama mahasiswa Indonesia.

Acara dihadiri mahasiswa Jepang, Indonesia, serta Ketua Umum PPI Jepang Anastasya Wulandari Hasyim dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang Prof. Yusli Wardiatno.

PPI Jepang telah mempersiapkan serangkaian kegiatan guna mengajak pengunjung menikmati berbagai unsur kebudayaan Indonesia.

Pada acara ini, Valerie Aurelia, seorang mahasiswi J.F. Oberlin University yang merupakan pemenang lomba menyanyi di Tokyo Smash Cabaret mengadakan pertunjukan vokal dengan menyanyikan berbagai lagu pop Indonesia dan Jepang teranyar.

Alhasil, pengunjung dapat menikmati suasana acara yang lebih cair dan mengenal lebih dalam kesenian kedua negara.

Jelang peringatan HUT RI

ISF yang diselenggarakan beberapa hari jelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia juga mengajak pengunjung untuk berpartisipasi dalam berbagai permainan yang identik dengan perayaan 17 Agustus seperti permainan lari kelereng dan memasukkan pensil ke dalam botol yang disambut gelak tawa dan keseruan pengunjung.

Tidak hanya pertunjukkan hiburan dan kesenian, ISF juga menjadi ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk menunjukkan prestasi mereka di bidang sosial dan pengetahuan.

Baca juga: PPI Dunia Gelar Simposium Internasional XV Bahas Peran Strategis Indonesia di Kancah Global

Acara ISF tahun ini turut diisi gelar wicara akademik menghadirkan Adam Mukharil Bachtiar, pemenang konferensi ilmiah ASSIGN 2023 yang memaparkan ide mengenai implementasi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) untuk mempererat hubungan Indonesia-Jepang.

Dia menjelaskan, penggunaan VR dan AR akan menghadirkan pengalaman pertukaran budaya yang imersif bagi pengguna. Untuk itu, dia mendemonstrasikan aplikasi Tanah Airku yang menyediakan berbagai konten seperti rumah, makanan, dan pakaian tradisional Indonesia.

Pada saat sama, ISF juga menjadi ajang penghargaan pemenang lomba PPIJ Awards yang memberi apresiasi kepada kepengurusan daerah PPI Jepang dengan gelar program kerja terbaik.

PPI Jepang Komisariat Osaka-Nara mendapatkan penghargaan atas penyelenggaraan pelatihan ujian masuk universitas di Jepang dan pameran pendidikan daring yang menghadirkan perwakilan dari berbagai universitas top di Jepang.

Pemenang lain perlombaan PPIJ Awards adalah PPI Jepang Komisariat Yamagata yang telah berpartisipasi dalam perhelatan World Bazaar di Kota Tsuruoka, Jepang, dengan menampilkan pertunjukan angklung dan mengenalkan busana batik pada masyarakat Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com