Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kriteria Peserta yang Bisa Lolos Beasiswa Chevening

Kompas.com - 02/08/2023, 17:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menurut Scholarship and Alumni Coordinator British Embassy Jakarta Vonny Lisayani, peserta yang bisa meraih Beasiswa Chevening harus memiliki beberapa kriteria.

Kriteria ini, kata dia, ujungnya harus berkontribusi positif bagi Indonesia.

Baca juga: Beasiswa Chevening Dibuka September, Daftar Tanpa LoA

"Pada intinta ditujukan bagi mereka yang future leaders, future influencer, dan agent of change. Karena ada essay yang harus dijawab dan harus tunjukkan ke kami terkait kapasitas kamu untuk Indonesia," ujar Vonny kepada Kompas.com pada acara LPDP Fest di The Kasablanka Hall, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Dia mengaku, pendaftaran Beasiswa Chevening tahun ajaran 2024/2025 akan dibuka pada September 2023. Jadwal itu mengalami kemunduran dari sebelumnya di Agustus.

"Jadi ada delay pembukaan Beasiswa Chevening, tadinya biasa di Agustus. Untuk kali ini, dibuka September sampai awal November 2023," ucap Vonny.

Dia mengatakan, Beasiswa Chevening merupakan program beasiswa penuh yang bisa diberikan kepada semua pihak, termasuk mahasiswa Indonesia yang mau melanjutkan program S2.

"Ini hanya untuk program S2 saja, belum dibuka S3 dan beasiswa S1. Program beasiswanya selama 1 tahun saja," ungkap dia.

Jika kamu ingin mengambil gelar Master of Business Administration (MBA), sambung dia, maka ada biaya tambahan yang akan ditanggung penerima beasiswa.

"Ini beasiswa diajukan ke seluruh program studi untuk semua universitas di UK. Semuanya gratis, kamu cuma bawa diri. Kecuali MBA, ada tambahan dari penerima beasiswa," tutur dia.

Dia menegaskan, bagi kamu yang ingin mendaftar Beasiswa Chevening, maka tidak perlu melampirkan Letter of Acceptance (LoA) terlebih dahulu.

Karena, LoA dibutuhkan setelah tahap interview (wawancara).

Baca juga: Penerima Beasiswa LPDP yang Tak Balik ke Indonesia Rata-rata Sudah Berkeluarga

LoA merupakan surat dari suatu universitas yang menyatakan bahwa seorang pelamar berhasil diterima di universitas yang dituju.

"Jadi apply saja dulu, LoA diminta setelah tahap interview, yang penting teman-teman sudah bisa memilih untuk S2 jurusan dan di kampus mana, pilihan ini juga bisa berubah saat interview," terang Vonny.

Syarat daftar Beasiswa Chevening

Jika mengacu syarat daftar Beasiswa Chevening 2023/2024, kamu harus melengkapi beberapa persyaratan, agar bisa mengikuti pendaftaran beasiswa di tahun ajaran 2024/2025.

Baca juga: LPDP dan Imigrasi Lacak Penerima Beasiswa yang Tak Balik ke Indonesia

 

Adapun syaratnya, sebagai berikut:

  • Memiliki gelar S1 dengan nilai di atas rata-rata, atau diatas 3,00
  • Tidak memegang kewarganegaraan atau dwikewarganegaraan Inggris
  • Bukan merupakan pekerja, mantan pekerja, atau memiliki hubungan dengan pekerja di pemerintah Inggris
  • Belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Inggris sebelumnya
  • Sudah punya pengalaman 2 tahun. Pengalaman kerja ini bisa part time dan full time, paling tidak memenuhi jam kerja sekitar 2.800 jam, ini termasuk volunteer atau internship. Bukan internship yang diwajibkan kampus
  • Mendaftar ke tiga program universitas UK berbeda yang memenuhi syarat dan telah menerima tawaran tanpa syarat dari salah satu pilihan
  • Kemampuan bahasa inggris dengan standar seperti IELTS 6.5. iBT TEOFL 79, pearson PTE Academic 58, atau cambridge english advance (overall skor 176, dengan minimum skor 162). Namun, hal ini kembali disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus. Untuk itu, cek ulang ketentuannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com