Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Gelar Olimpiade Internasional Fisiologi 2023, Diikuti 14 Negara

Kompas.com - 01/08/2023, 11:32 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) menjadi tuan rumah olimpiade antar mahasiswa kedokteran internasional atau Inter-medical School Physiology Quiz (IMSPQ) ke-19, pada 29-30 Juli 2023.

Olimpiade IMSPQ 2023 diikuti oleh 70 tim delegasi, 210 orang mahasiswa dan 150 orang dosen pendamping dari 70 universitas dari 14 negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Filipina, Vietnam, China, India, Jepang, Rumania, Qatar, dan Australia.

Olimpiade IMSPQ memperebutkan piala Prof. A. Raman yang merupakan profesor pertama di bidang Fisiologi dari Universiti Malaya. 

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Jalur Mandiri UI, Unpad, UGM, dan Unair 2023

Tahun ini, tahapan IMSPQ terdiri dari written test dan oral quiz. Written test untuk menyaring 30 tim delegasi yang kemudian akan mengikuti oral quiz yang akan menentukan 3 tim pemenang.

Dekan FK-KMK UGM, Yodi Mahendradhata mengatakan selain tujuan akademik, kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kerja sama atau kolaborasi antar negara di bidang Ilmu Dasar Kedokteran, khususnya Fisiologi. Termasuk membuat FK-KMK UGM semakin lebih dikenal dan diakui prestasinya di dunia internasional.

“Ajang internasional dengan jumlah peserta yang cukup banyak ini juga akan menjadi salah satu metode untuk memperkenalkan objek wisata di Yogyakarta dan sekitarnya,” katanya dalam keterangan resmi UGM, Selasa (1/8/2023).

Baca juga: 15 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara, Ada UI dan UGM

Master Quiz of 19th IMSPQ, Prof. Cheng Hwee Ming dari Fakultas Perubatan Universiti Malaya mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari sebanyak-banyaknya teman, pengalaman, dan jejaring baru dengan sesama mahasiswa maupun dosen yang datang,” ungkap Prof. Cheng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com