Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Asep, Jadi Penemu Ilmiah Terbaik Internasional hingga Raih Penghargaan Menkes

Kompas.com - 31/07/2023, 13:27 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Asep Wirayasa, Mahasiswa Program Profesi Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) mendapatkan sejumlah penghargaan berkat prestasinya di skala nasional hingga internasional.

Berkat sejumlah prestasi yang diraihnya, Asep mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi Jawa Barat bidang Kesehatan dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Dilansir dari laman Unpad, penghargaan tersebut ia dapatkan dalam acara Peresmian Center of Excellence RSUD Karawang, pekan lalu.

Baca juga: Kisah Briptu Tiara Nissa, Jadi Lulusan Berprestasi Akademi Polisi Turki

Salah satu prestasi internasional yang mengantarkan asep mendapatkan penghargaan dari Menkes ialah gelar yang diraihnya dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Thailand sebagai Penemu Ilmiah Terbaik Internasional.

Penghargaan itu ia dapat atas inovasi menemukan desain revolusioner detector bakteri e-coli berbasis smartphone pada ajang Japan Design Idea and Invention Expo (JDIE) di Tokyo, Jepang, 7-8 Juli 2023.

Di ajang tersebut, Asep berhasil meraih medali emas.

Tidak hanya itu saja, sebelumnya Asep juga mendapat penganugerahan sebagai The Honorable Mention pada sidang kelulusannya di prodi Pendidikan Dokter FK Unpad. Saat ini, Asep sendiri baru lulus program Sarjana pada 11 Juli 2023 lalu dan akan mengikuti wisuda Sarjana pada Agustus 2023 mendatang.

Baca juga: Kisah Sabdo Buat Ide Bisnis Akuwater, Raih Pendanaan Rp 100 Juta

Saat masih menjadi mahasiswa, Asep meraih Juara 3 Mahasiswa Berprestasi Unpad tahun 2019 dan penerima beasiswa Karawang Cerdas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com