Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Kedokteran ITS Bersiap Terima 50 Mahasiswa Baru

Kompas.com - 26/07/2023, 09:58 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Tinggal selangkah lagi, Program Studi Kedokteran Institut Teknologi Sepuluh Nopember siap menerima mahasiswa baru.

Hal ini terlihat pada acara visitasi Tim Asesor Kolaborasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) dalam rangka penilaian akhir Prodi Kedokteran.

Penilaian oleh Tim Asesor LAM-PTKes di ITS ini terlaksana hingga Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Dosen UMM: Ini 10 Cara Mencegah Stroke

Rektor ITS, Prof. Mochamad Ashari menyatakan rasa terima kasihnya pada seluruh tim asesor LAM-PTKes dan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) ITS, yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan segala hal untuk Prodi baru ini.

Apalagi, kata dia, tujuan utama pendirian Prodi Kedokteran ITS adalah mencetak dokter unggul yang diandalkan bangsa.

"Sasaran kita bukan mendapatkan akreditasi saja, melainkan untuk mendapat masukan-masukan dari tim asesor LAM-PTKes yang akan menjadi catatan dan perbaikan bagi Kedokteran ITS," kata Prof. Ashari dikutip dari laman ITS, Rabu (26/7/2023).

Dia berharap, Prodi Kedokteran ITS mampu membantu kekurangan dokter di Indonesia dan mampu menempatkan diri dengan baik di era industri 4.0 ini.

Dekan FKK ITS, Dr. Imam Susilo menjelaskan, penilaian oleh LAM-PTKes mencakupi kurikulum, Sumber Daya Manusia (SDM), dan sarana pembelajaran Prodi.

Persiapan penilaian oleh LAM-PTKes sudah dimulai sejak awal tahun 2023 sekaligus menyiapkan Prodi Kedokteran ITS.

"Kami sudah mempersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan untuk membentuk Prodi Kesehatan sesuai standar," ungkap dia.

Jika telah menerima akreditasi oleh LAM-PTKes, sebut dia, Prodi Kedokteran ITS siap menerima 50 mahasiswa baru sebagai pelopor atau angkatan pertama.

Para calon mahasiswa baru dapat mendaftarkan dirinya segera di Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP) ITS.

Baca juga: 8 PTN Raih Capaian IKU Terbaik, Lulusan ITS Lebih Cepat Dapat Kerja

"Sebagai perguruan tinggi yang mempunyai pendiri seorang dokter, kami berharap mampu menghasilkan dokter-dokter terbaik bangsa," jelas Imam.

Tim Asesor kolaborasi LAM-PTKes beranggotakan enam orang dari tiga orang perwakilan LAM-PTKes dan tiga orang dari Konsul Kedokteran Indonesia, Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia, dan Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia.

Dengan jajaran tim penilai ini, Imam mengakui sudah melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan akreditasi Kedokteran ITS.

Imam meyakinkan kehadiran tim asesor LAM-PTKes di ITS merupakan langkah konkret untuk meresmikan Prodi Kedokteran ITS.

Hal tersebut dikarenakan kewenangan pemberian akreditasi pada Prodi di bidang kesehatan diamanatkan kepada LAM-PTKes oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Baca juga: Rekrutmen CPNS Dibuka September 2023, Cek 10 Jurusan Banyak Dicari

"Dengan adanya akreditasi dari LAM PTKes, Kedokteran ITS terbukti pantas untuk mencetak dokter baik bangsa," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com