Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cetak Lulusan Cepat Kerja, ITS Raih Penghargaan IKU 1 dari Kemendikbud

Kompas.com - 26/07/2023, 08:17 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih Penghargaan Unggulan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek).

Penghargaan ini sekaligus menjadikan ITS sebagai PTN yang berhasil mencetak lulusan yang paling cepat mendapat pekerjaan yang layak, berwirausaha, dan melanjutkan studi.

Direktur Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS, Imam Abadi membeberkan, hingga saat ini sebanyak 88,8 persen alumni ITS angkatan 2021 telah memenuhi syarat penilaian IKU. Syarat tersebut adalah memiliki penghasilan perbulan 1,2 kali lebih besar dari Upah Minimum Regional (UMR).

Baca juga: Beasiswa S2/S3 Stanford University, Tanpa IPK Tinggi dan Bebas Usia

“Sebanyak 78 persen lulusan melanjutkan bekerja, 6 persen memilih berwirausaha, dan 4,8 persen memilih untuk melanjutkan studi,” terangnya dalam keterangan resmi ITS, Jumat (21/7/2023).

Ia mengatakan, para lulusan ITS telah menyebar di berbagai sektor. Antara lain industri nasional dan multinasional, industri swasta nasional, industri regional, hingga menjadi pegawai negeri. Industri menjadi sektor yang paling mendominasi.

“Industri memang masih menjadi sektor yang paling mendominasi. Namun, bukan mustahil kami bisa meluaskan prospek lebih dari ini,” imbuhnya.

Rektor ITS, Prof Mochamad Ashari mengaku bangga dengan capaian ini. Berkat upaya dan kerja keras sivitas akademika, ITS juga berhasil unggul pada delapan IKU untuk meraih posisi tertinggi secara keseluruhan (top 10 persen) di antara PTN-BH lainnya.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia 2022 yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Di antara delapan IKU tersebut, ITS menempati posisi pertama pada IKU-1 yang menilai kelayakan pekerjaan mahasiswa pasca kelulusan.

“ITS berada di Top 10 persen tertinggi pencapaian keseluruhan IKU PTN-BH 2022, dan juga terunggul di IKU-1, selama tiga tahun berturut-turut,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com