Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Refo Indonesia Bantu Kota Madiun Laksanakan Digitalisasi Pendidikan

Kompas.com - 21/07/2023, 11:53 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai Google for Education Partner di Indonesia, Reformasi Generasi Indonesia (Refo)  mendampingi Kota Madiun melaksanakan digitalisasi dalam lingkungan pendidikan.

Bukan hanya pengembangan profesi SDM pendidikan, tetapi juga pelaksanaan digitalisasi pembelajaran serta mewujudkan Sekolah Rujukan Google (Google Reference School).

Baca juga: Lulus Masuk Universitas Brawijaya, Rafi Penuhi Janji Jalan Kaki 10 Km

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan, di Indonesia baru terdapat lima sekolah swasta yang sudah menjadi Sekolah Rujukan Google hingga saat ini. Dan Kota Madiun bertekad menjadi kota pertama dengan sekolah negeri yang menjadi Sekolah Rujukan Google.

"Adapun sekolah yang dipersiapkan untuk menjadi Sekolah Rujukan Google adalah SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 13," kata dia dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Sekolah Rujukan Google merupakan salah satu indikator Smart School, hal ini seiring dengan tekad Kota Madiun menjadi Smart City.

Refo juga akan mendampingi Kota Madiun untuk mengaplikasikan ChromeOS Flex ke perangkat-perangkat komputer lama agar dapat kembali lincah dan dapat diberdayakan dalam program digitalisasi pendidikan ini.

Total perangkat lama yang akan diremajakan menggunakan ChromeOS Flex adalah sejumlah 5.425 unit.

Setidaknya, Pemerintah Kota Madiun sangat progresif dalam hal transformasi digital pendidikan dan telah membagikan 9.400 Chromebook gratis untuk siswa jenjang SD dan SMP.

Untuk itu, Pemerintah Kota Madiun berhasil memecahkan rekor dan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai pembagian Chromebook terbanyak.

"Jadi seluruh SD dan SMP negeri di Kota Madiun sudah menggunakan Chromebook, satu Chromebook untuk satu siswa," ungkapnya.

"Informasi dan teknologi merupakan unsur yang tidak dapat ditinggalkan untuk mengakses dunia. Karenanya, anak-anak kita harus melek digital. Kerja sama kita dengan Refo, sebagai Google for Education Partner, ini terkait dengan pelatihan-pelatihan dan pendampingan-pendampingan, yang akan sangat membantu Kota Madiun mempercepat transformasi digital pendidikan," tambah dia.

Baca juga: 7 Kampus Akreditasi Unggul di Yogyakarta, Ada UGM, UII, dan UMY

Direktur Refo, Pepita Gunawan menyampaikan Refo Indonesia meresmikan kerja sama dengan Pemerintah Kota Madiun.

Dua institusi ini berkomitmen untuk saling mendukung dalam hal pengembangan pendidikan di Kota Madiun, termasuk peningkatan kecakapan guru dan siswa.

"Refo Indonesia dan Kota Madiun menitikberatkan kepada manusia, dan manusia-manusia yang ingin kita wujudkan adalah yang memiliki keahlian, integritas, dan berwibawa, agar dapat membangun masyarakat yang lebih sejahtera," jelas dia.

Baca juga: Kisah Indah, Anak Buruh Diterima di UGM dengan Beasiswa 100 Persen

Adapun bantuan program Refo untuk Madiun dalam hal digitalisasi dalam lingkungan pendidikan, sebagai berikut:

  • Pelatihan pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Madiun.
  • Pelatihan pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education untuk Kepala Sekolah dan Guru seluruh SD dan SMP negeri di Kota Madiun.
  • Melakukan pemantauan dan evaluasi praktik baik pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education di seluruh SD dan SMP negeri di Kota Madiun.
  • Pendampingan tiga sekolah untuk menjadi Sekolah Rujukan Google (Google Reference School).
  • Pendampingan program pembuatan bukti karya praktik baik pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education, di mana “Penghargaan Program Pendidikan Madiun Goes Digital” menjadi puncak rangkaian program tersebut, yang rencananya akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Guru Nasional pada bulan November 2023.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com