Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkul BPIP, UP Sebarkan Nilai-nilai Pancasila ke Masyarakat Luas

Kompas.com - 18/07/2023, 19:20 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Pancasila (UP) secara resmi menjalin kerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Hal itu ditandai dengan adanya penandatangan perjanjian kerja sama antara UP dengan BPIP yang ditandatangani langsung oleh Rektor UP Prof. Edie Toet Hendratno dengan Ir. Prakoso selaku Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP.

Baca juga: 4 Larangan Selama MPLS 2023 Jenjang PAUD-SMA

Penandatanganan itu langsung disaksikan oleh Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (UP) Dr. (HC). Ir. Siswono Yudo Husodo serta Kepala BPIP Prof. KH. Yudian Wahyudi.

Kerja sama ini sejalan dengan visi dari UP, yaitu "Menjadi Universitas yang Unggul dan Terkemuka berdasarkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila".

Maka penyelenggaraan kegiatan ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk komitmen kebangsaan bersama antara UP dan BPIP.

Setelah penandatanganan, kedua belah pihak langsung menjalankan kegiatan Bedah Buku Pancasila Dari Indonesia untuk Dunia.

Buku Pancasila Dari Indonesia untuk Dunia ini diterbitkan oleh BPIP yang tulis oleh Dr. Darmansjah Djumala yang juga merupakan Direktur Eksekutif Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila (PSP UP).

"Buku ini menjadi bukti nilai-nilai Pancasila bukan hanya dipahami dan dipegang teguh oleh bangsa Indonesia, tetapi senantiasa diimplementasikan dalam setiap kesempatan Indonesia ikut serta mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia dan kekeluargaan bangsa-bangsa," kata Darmansjah dalam keterangannya, Selasa (18/7/2023).

Siswono mengaku, diharapkan dengan adanya penandatangan kerja sama dan bedah buku ini menjadi titik awal dari lahirnya kegiatan-kegiatan bersama yang akan menjadi aliran nilai-nilai Pancasila.

Setelah itu, nilai tersebut akan disampaikan secara luas ke masyarakat umum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga, kata dia, nilai-nilai luhur Pancasila ini tetap lekat implementasinya dalam kehidupan sehari-hari serta menjadi potret nyata dari setiap butir nilai-nilai Pancasila.

Rektor UP, Prof. Edie Toet Hendratno berharap kerja sama ini menjadi titik awal dari lahirnya kegiatan-kegiatan bersama untuk menyampaikan nilai-nilai Pancasila ke masyarakat umum dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Khususnya, sebut dia, dalam penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi yang menjadi hal penting untuk terus dikedepankan.

Baca juga: 55 Perguruan Tinggi dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Terlebih, lanjut dia, UP bergerak dalam bidang pendidikan dan sebagai perguruan tinggi yang menyandang nama besar ideologi bangsa, yaitu Pancasila.

"Maka tanggung jawab tersebut, menjadi kesadaran dan niat luhur bagi UP untuk terus menggemakan Pancasila," jelas Rektor UP.

Kepala BPIP, Yudian Wahyudi menambahkan, pentingnya kerja sama dalam memelihara, mempertahankan, dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila.

Itu karena, pelajaran Pancasila telah dipinggirkan dalam kehidupan, sehingga ada rongrongan terhadap Pancasila.

Baca juga: 5 Jurusan yang Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar

"Maka perlu disikapi dengan kerja sama dengan Universitas Pancasila," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com