Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 SMK Ini Dilatih untuk Lahirkan Talenta Pengusaha Muda

Kompas.com - 17/07/2023, 11:41 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rhino Indonesia terus berupaya untuk melahirkan talenta-talenta pengusaha muda di bidang industri kreatif digital printing.

Kali ini, Rhino Indonesia menargetkan siswa dan siswi SMK di Jakarta melalui program ProudActive Challenge "The Battle of Putih Abu-Abu".

Baca juga: 30 Kampus Swasta dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Direktur Marketing Communication Rhino Indonesia, Hendry Liauw mengatakan, "The Battle of Putih Abu-Abu" merupakan program terbaru dari Rhino Indonesia untuk sekolah SMK dan SMA dengan memberikan edukasi sekaligus tantangan bagi siswa SMK selama 14 hari.

Nantinya, mereka akan menjalani Fast Trackpreneur dalam memulai usaha sablon digital dengan mesin-mesin dan starter pack yang telah disediakan oleh Rhino Indonesia.

Tujuan program ini, lanjut Hendry, untuk membuktikan bahwa generasi muda dapat memiliki semangat dalam melihat peluang usaha dan menumbuhkan mental menjadi seorang pengusaha.

Selain itu, sekolah juga menjadi tempat bagi para siswa yang terpilih untuk berkompetensi secara nyata didalam dunia usaha.

"Peserta akan dibekali dari memulai cara produksi, memasarkan produk, mendesign secara basic dengan template, hingga berinteraksi dengan pelanggan secara nyata dan mentor yang akan mendampingi selama 14 hari," kata Hendry dalam keterangannya, Snein (17/7/2023).

Keuntungan yang didapatkan, sebut dia, murni 100 persen untuk peserta dan penjualan terbanyak akan memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah beserta mesin-mesin sablon dari Rhino Indonesia.

Program "The Battle of Putih Abu-Abu" akan diikuti 10 sekolah SMK terpilih. Setiap sekolah akan melewati babak penyisihan yang dibagi dua grup dimulai sejak 24 Juli hingga 9 Desember 2023.

"Untuk pelaksanaannya akan dilakukan di masing-masing sekolah secara bergantian, karena nantinya kami akan support mesin-mesin Rhinotec sebagai penunjang kompetisi ini. Kurang lebih kami akan mensupport 6 mesin dan beberapa material sablon sebagai starterpack," kata Hendry.

Ada 10 sekolah yang berhasil melewati tahap seleksi, yaitu SMKN 26 Jakarta, SMKN 34 Jakarta, SMKN 55 Jakarta, SMK Sejahtera, SMKN 14 Jakarta, SMKN 50 Jakarta, SMKN 1 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, SMK Cyber, dan SMKN 48 Jakarta.

"Kami memilih 10 sekolah ini karena strategi marketing sekolah dinilai sangat siap untuk menjalankan tantangan enterpreneuship selama 14 hari dari Rhino Indonesia," ucap Hendry.

Setelah mendapat pembekalan dan melewati fase penyisihan, nantinya peserta akan bersaing di babak final "The Battle of Putih Abu-Abu" pada 13-15 Desember 2023. Hadiah yang diperebutkan senilai Rp 34 juta.

Baca juga: Kemendikbud: Sudah Ada 803 PTS yang Digabungkan sejak 2015

"Kami memberikan sosialisasi mengenai program ini dan memberikan undangan ke SMK se-Jakarta yang memiliki jurusan DKV, Multimedia, dan Pemasaran. Untuk syarat dan ketentuan sebenarnya tidak ada yang khusus, hanya saja yang terpenting pihak sekolah menyetujui untuk mengikuti program ini selama 14 hari dengan jadwal yang telah ditentukan dan tempat pelaksanaannya berada pada sekolah masing-masing," ujarnya.

Industri custom produk merchandise, kaos, hingga textil printing, kata Hendry, memberikan kesempatan yang luas bagi anak-anak muda dengan kreatifitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas dengan nilai jual tinggi dan bervariatif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com