Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Pertamina dan Pemkab Kebumen Buka Beasiswa Rp 2 Miliar

Kompas.com - 15/07/2023, 21:49 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Tingkat partisipasi masyarakat Indonesia dalam menempuh pendidikan tinggi masih tergolong rendah dibandingkan negara lain di wilayah ASEAN.

Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) di Indonesia pada 2021 hanya 31,39 persen. Sementara data Bank Dunia menyebut APK-PT di Singapura mencapai 91 persen, Thailand 49 persen, dan Malaysia 43 persen.

Faktor biaya mayoritas jadi penghalang siswa melanjutkan ke pendidikan tinggi. HarukaEdu (2018) mendapati 66 persen siswa SMA mengeluhkan biaya sebagai penghambat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga: Lulusan Terbaik Universitas Pertamina Disiapkan Bekerja di Pertamina Group

Karena biaya kuliah yang tinggi, maka Universitas Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen membuka beasiswa sebesar Rp 2 miliar.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan, hingga 2022, hanya 4,01 persen penduduk Kebumen yang menamatkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

"Sehingga kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan partisipasi warga Kebumen dalam meneruskan studi ke jenjang pendidikan tinggi," ujar Arif, selepas penandatangan nota kesepakatan beasiswa di gelaran Kebumen International Expo tahun ke-2, pada 17 Juni 2023 lalu.

Faisal, salah satu mahasiswa Universitas Pertamina yang mendapat beasiswa mengatakan, program ini membantu sisi finansialnya. Beasiswa ini juga jadi pemantik Faisal untuk meningkatkan kemampuan diri.

"Selain berupaya mempertahan nilai IPK cumlaude yang didapatkan, saya juga merupakan ketua dalam Unit Kegiatan Mahasiswa bidang kewirausahaan Upreneur," tutur Faisal yang merupakan Alumni Program Studi Hubungan Internasional Uper dan pekerja di salah satu media nasional ternama di Indonesia.

Baca juga: 18 Beasiswa S1-S3 Jarang Dilirik, Tawarkan Kuliah Gratis dan Uang Saku

President Director Pertamina Foundation selaku Badan Penyelenggara UPER, Agus S. Asngari, menyebut mahasiswa juga disiapkan untuk berkarir di dunia industri.

"Mulai tahun ini, Universitas Pertamina bersinergi dengan PT Pertamina (Persero) menyiapkan lulusan terbaik untuk berkarir di Pertamina grup. Melalui program Lulusan Merah Putih, lulusan UPER dibimbing oleh mentor dari Pertamina grup untuk menyiapkan mereka menghadapi seleksi rekrutmen. Tersedia 45 posisi di Pertamina grup bagi alumni UPER yang mampu lolos seleksi," jelas Agus.

Ke depannya, Uper akan memperluas cakupan program Lulusan Merah Putih dengan melibatkan lebih banyak korporasi dan start-up mitra Uper.

Rektor Uper, Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir, menambahkan bahwa serapan lulusan sebagai bagian dari indikator kinerja utama perguruan tinggi, dipengaruhi mutu pendidikan dan sinergi kampus dengan industri.

“Uper mengoptimalkan sistem pembelajaran yang berbasis pada kombinasi pengembangan soft skills dan hard skills. Didukung oleh dosen ahli dan praktisi kompeten serta jaringan Pertamina dan kemitraan nasional hingga internasional, diharapkan lulusan Uper siap terjung di berbagai bidang,” tutup Prof. Wawan.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa, Tertarik?

Saat ini kampus besutan PT Pertamina (Persero) tengah membuka peluang untuk berkuliah di Universitas Pertamina. Melalui Seleksi Nilai Rapor Periode Juli yang tengah dibuka hingga 31 Juli 2023. Untuk informasi selengkapnya dapat mengakses melalui laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com