Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Anak Masuk TK, Orangtua Harus Lakukan 6 Hal Ini

Kompas.com - 11/07/2023, 08:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa sekolah sudah masuk tahun ajaran baru 2023/2024. Tetapi ada juga yang masih libur sekolah.

Karena itu, para orangtua yang memiliki anak siap masuk TK, maka harus memahami beberapa hal agar sang anak siap masuk sekolah TK.

Apa saja persiapan anak masuk TK? Melansir laman Stella Maris International Education, TK merupakan tempat pertama seorang anak dalam beradaptasi dengan kegiatan belajar formal.

Seorang anak nantinya akan diminta untuk mengikuti serangkaian aturan yang diberlakukan. Tujuannya jelas, yakni untuk membangun karakter serta membangkitkan kecerdasannya.

Baca juga: Polemik Wisuda TK-SMA, Psikolog UGM: Harusnya Seperti Ini

Dengan adanya atura-aturan itu tentu membuat anak merasa tidak nyaman. Sebab butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Persiapan anak masuk TK

Untuk itu, orangtua harus memahami beberapa hal, yakni:

1. Mengenalkan sekolah pada anaknya

Jadi, sebelum anak dimasukkan ke TK, penting bagi orangtua untuk mengenalkan anak dengan lingkungan sekolah. Pengenalan ini untuk membuat anak memiliki gambaran tentang apa yang akan dilakukannya.

Lebih tepatnya, anak sudah merasa nyaman sebelum benar-benar terlibat di dalamnya.

Caranya, ajak anak datang ke TK. Tidak masalah jika awalnya anak merasa kurang nyaman. Tapi lama kelamaan setelah bertemu teman-teman seusianya, anak-anak akan mulai lebih nyaman.

2. Kenalkan alat-alat tulis dan gambar

Adapun persiapan anak masuk TK berikutnya ialah anak dikenalkan dengan alat-alat tulis dan gambar. Ini adalah pengenalan tahap awal agar anak mulai terbiasa.

Pada prakteknya, berikan kertas kosong sekaligus alat-alat gambar seperti crayon. Usahakan juga agar anak mau memegang sekaligus mencoret-coret ataupun mewarnai kertas kosong atau bergambar.

Baca juga: 5 Tips Memilih Sekolah untuk Anak TK

Tentu, pengenalan seperti ini memungkinkan anak untuk belajar tentang warna sekaligus belajar tentang bagaimana menggunakan alat tulis dan gambar.

3. Ajari anak duduk yang rapi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com