Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Gelar Ujian Jalur Mandiri secara Daring Mulai 8 Juli, Cek Infonya

Kompas.com - 05/07/2023, 14:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menggelar ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Jalur Mandiri pada 8-10 Juli 2023.

Ujian SMUP akan berlangsung secara daring dan peserta perlu memahami tata tertib selama ujian berlangsung.

Koordinator Helpdesk Jalur Mandiri SMUP, Imanudin Kudus menjelaskan bahwa peserta yang dapat mengikuti ujian Seleksi Mandiri Unpad 2023 adalah mereka yang namanya sudah terdaftar dalam daftar peserta ujian.

Dengan kata lain, peserta harus sudah melakukan pendaftaran serta melewati proses registrasi yang dibuktikan dengan Kartu Peserta Ujian yang dapat diunduh pada laman SMUP.

Baca juga: UI Masih Buka Jalur Mandiri SIMAK UI 2023 D3-S1, Ditutup Besok

Guna menghindari adanya kecurangan, selama ujian berlangsung aktivitas peserta akan direkam melalui kamera yang ada pada perangkat ujian serta aplikasi Zoom pada handphone peserta.

Apabila aktivitas peserta tidak dapat terlihat melalui kamera, pengawas dapat menghentikan ujian dan peserta dianggap telah menyelesaikan ujian.

Selain itu, lanjut Imanudin, selama ujian berlangsung pun ada beberapa tata tertib yang harus ditaati oleh peserta ujian.

Salah satunya ialah terkait waktu ujian, Imanudin juga menjelaskan bahwa peserta harus masuk/login ke aplikasi Zoom pada gawai maksimal 60 menit sebelum ujian dilaksanakan untuk melakukan pengecekan ruang serta perlengkapan ujian oleh pengawas.

“Keterlambatan dengan alasan apapun setelah 30 menit sejak tes dimulai mengakibatkan peserta tidak diperbolehkan mengikuti tes,” ujar Imanudin dikutip dari laman Unpad.

“Di atas meja peserta hanya ada komputer/PC, smartphone/handphone, kartu peserta, alat tulis berupa papan alas transparan/mika plastik transparan/map plastik transparan dan spidol non-permanen yang dapat dihapus digunakan untuk lembar coretan saat ujian,” imbuh Imanudin.

Baca juga: Universitas Brawijaya Perpanjang Pendaftaran Jalur Mandiri 2023 D3-S1

Peserta juga dilarang mengenakan kaos oblong atau T-shirt. Setelah itu, peserta harus memastikan webcam yang digunakan selalu aktif saat ujian berlangsung dan dapat mengambil gambar peserta dengan jelas.

“Peserta tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator, headset/earphone, jam tangan/arloji, kamera, alat komunikasi seperti telepon seluler (selain yang digunakan untuk Zoom), kertas, buku, dan catatan lainnya,” jelasnya.

Informasi resmi terkait tata tertib ujian SMUP dapat dilihat melalui laman resmi Unpad.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com