Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Muhammadiyah Surakarta Buka Beasiswa S1, Segera Daftar

Kompas.com - 22/06/2023, 13:08 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai universitas yang berada di bawah naungan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memiliki komitmen memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi.

Saat ini, UMS tengah menyediakan kuota sebesar 2,5 persen dari total mahasiswa sebagai penerima beasiswa Program Sarjana Tahun Akademik 2023/2024.

Beasiswa ini memberikan peluang kepada mahasiswa yang memiliki potensi dan minat, namun menghadapi keterbatasan finansial.

Baca juga: Berusia 64 Tahun, UMS Buka Cabang Kampus di Korea Selatan

5 jenis beasiswa UMS bagi mahasiswa baru

Ketua Penerima Mahasiswa Baru (PMB-UMS), Triyono menjelaskan bahwa saat ini terdapat 5 program beasiswa yang tersedia, yaitu Beasiswa Kiai Haji Ahmad Dahlan (BKAD), Beasiswa Unggulan (BU), Beasiswa Hafiz Alquran (BHA), Beasiswa Prestasi (BP), dan Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah (BTUMD).

"Terdapat lima jenis beasiswa yang saat ini diberikan kepada calon mahasiswa baru," jelas Ketua PMB UMS itu dalam keterangan resmi.

Pada pembukaan beasiswa Gelombang 1, sebanyak 77 calon mahasiswa UMS menerima beasiswa Program Sarjana Tahun Akademik 2023/2024. Sementara itu, UMS kini tengah kembali membuka pendaftaran beasiswa untuk Gelombang 2 (Batch 2) hingga 24 Juni 2023.

Wakil Rektor V UMS, Prof. Supriyono menyampaikan, Program beasiswa ini merupakan bentuk komitmen UMS untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Beasiswa Aperti BUMN 2023, Kuliah Gratis bagi Siswa SMA Sederajat

"UMS berkomitmen untuk membantu pengembangan pendidikan di Indonesia dengan memberikan 5 macam beasiswa pendidikan di UMS," papar Prof. Supriyono.

Selain itu, dia juga berpesan agar para penerima beasiswa UMS dapat menjadi contoh ideal bagi civitas akademika dengan bersungguh-sungguh dalam belajar.

Salah satu mahasiswa baru UMS penerima Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah, Annisa Qurota 'Ayun Nurjannah menyampaikan rasa syukurnya bisa mendapatkan beasiswa ini.

Menurutnya, dengan adanya beasiswa ini dapat mengurangi beban orang tua, dalam membiayai pendidikan anaknya di jenjang perkuliahan.

Sebagai informasi, para penerima beasiswa akan memulai perkuliahan pada 2 September 2023 setelah mengikuti kegiatan mahasiswa baru yaitu Masta PMB dan Expo UMS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com