Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Institut Pariwisata Trisakti Cetak Lulusan Pertama Program Doktor Pariwisata

Kompas.com - 16/06/2023, 17:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Institut Pariwisata Trisakti menggelar Sidang Terbuka Promosi Doktor bagi Arief Faizal Rachman yang juga merupakan Dosen Jurusan Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata Institut Pariwisata Trisakti pada Kamis 15 Juni 2023.

Sidang dilaksanakan secara hibrid melalui platform Zoom Meeting dan di Ruang Auditorium Institut Pariwisata Trisakti dihadiri 75 undangan.

Sidang dipimpin Prof. Sundring Pantja Djati (Ketua Sidang), Rektor Institut Pariwisata Trisakti Fetty Asmaniati (Ketua Promotor), Prof. Willy Arafah (Co-Promotor 1), Assc. Prof. Hera Oktadiana (Co-Promotor 2), Sri Mastuti serta tim penguji internal Prof. Myrza Rahmanita.

Selain itu hadir pula penguji eksternal yaitu Prof. Dedi Purwana, Mayjen TNI Joni Widjayanto, dan Prof. Amirul Mukminin.

Turut Hadir Djoni Wibowo (Wakil Rektor I), Nurbaeti (Wakil Rektor II), Ismeth Emier Osman (Wakil Rektor III) dan juga Pejabat Struktural.

Sidang ini merupakan rangkaian panjang untuk menyandang gelar Doktor pada Program Doktoral Ilmu Pariwisata. Arief Faizal Rachman juga menjadi Doktor pertama yang dilahirkan dari Program Doktor Institut Pariwisata Trisakti.

Judul disertasi yang disampaikan pada promosi ini yaitu “Model Teori Jaringan Aktor (Actor-Networking Theory) Destinasi Wisata Berbasis Kopi Kultur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia”.

Disertasi bertujuan menganalisis trajektori/lintasan jaringan aktor sosial dan aktor teknis (ANT) Kopi Kultur Arabika Java Preanger di Kawasan Priangan, Provinsi Jawa Barat. 

Institut Pariwisata Trisakti menggelar Sidang Terbuka Promosi Doktor bagi Arief Faizal Rachman yang juga merupakan Dosen Jurusan Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata Institut Pariwisata Trisakti (15/6/2023).DOK. IP TRISAKTI Institut Pariwisata Trisakti menggelar Sidang Terbuka Promosi Doktor bagi Arief Faizal Rachman yang juga merupakan Dosen Jurusan Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata Institut Pariwisata Trisakti (15/6/2023).

 

Selain itu, disertasi juga bertujuan membangun model jaringan relasi antara aktor sosial dan aktor teknis dalam pengelolaan destinasi wisata berbasis Kopi Kultur Java Preanger di Kawasan Priangan serta membentuk model integrasi jaringan aktor mencakup unsur pentahelix dalam pengelolaan destinasi wisata berbasis Kopi Kultur Java Preanger, Provinsi Jawa Barat.

Prof. Pantja Djati selaku ketua penguji sekaligus Kepala Departemen Program Doktoral Institut Pariwisata Trisakti mengatakan, pelaksanaan Sidang Terbuka program Doktor pertama ini berjalan dengan lancar dan sukses.

“Sidang Terbuka Program Doktor pertama kali di Institut Pariwisata Trisakti pertama ini berjalan dengan lancar dan sukses. Ada tiga penguji yang kami datangkan dari kampus luar, guna memperluas wawasan kami,” ungkap Prof. Sundring.

Prof. Sundring juga menyebutkan bahwa masih ada 8 mahasiswa program doktor yang akan menjalani sidang terbuka dalam tiga bulan ke depan.  

Hasil sidang terbuka promosi doktor memutuskan Arief Faizal Rachman lulus dengan Yudisium Pujian (Cum Laude) dan berhak menyandang Gelar Doktor dengan diberikannya Surat Keterangan Kelulusan oleh Ketua Sidang.

Baca juga: Di Uhamka, Sandiaga Uno Ungkap Pariwisata Jadi Lokomotif Pembangunan

Diakhir acara, Rektor Institut Pariwisata Trisakti mengaku bangga karena program studi doktor Institut Pariwisata Trisakti telah melahirkan lulusan “Saudara Arief Faizal menjadi lulusan perdana Program Doktor Pariwisata IP Trisakti," ujar Fetty Asmaniati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com