Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi Mandiri Unair 2023: Cek Jalur, Syarat dan Jadwalnya

Kompas.com - 20/05/2023, 16:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (Unair) 2023 dibuka serentak mulai 29 Mei 2023 mendatang.

Sebagai informasi Seleksi Mandiri Unair 2023 dibagi menjadi tiga jalur, yakni Seleksi Mandiri Unair jalur UTBK dan TKA, jalur SMUA reguler ujian tulis dan jalur Kemitraan ujian tulis.

Melansir laman PPMB Unair, Sabtu (20/5/2023) berikut informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri Unair 2023 mulai dari syarat masuk dan jadwalnya.

Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) merupakan seleksi masuk Universitas Airlangga yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Airlangga untuk jenjang Sarjana dan Vokasi.

Baca juga: Beasiswa ADik 2023 Dibuka, Kuliah Gratis dan Dapat Biaya Hidup

Seleksi Mandiri Unair 2023

Jalur SMUA jenjang Sarjana ada 3, sebagai berikut:

1. Jalur UTBK dan TKA

SMUA UTBK dan TKA merupakan jalur seleksi Mandiri Universitas Airlangga menggunakan nilai UTBK-SNBT 2023 dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Universitas Airlangga.

Nilai UTBK-SNBT 2023 untuk mendapatkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematika, dan Bahasa Inggris, sedangkan TKA digunakan untuk mendapatkan nilai Saintek atau Soshum (sesuai dengan pilihan kelompok ujian).

Kelompok ujian Saintek terdiri dari Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika. Sedangkan kelompok ujian Soshum terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, dan Geografi. Persyaratan khusus untuk mendaftar jalur ini adalah memiliki nilai UTBK SNBT 2023.

2. SMUA Reguler Ujian Tulis

SMUA Reguler Ujian Tulis merupakan jalur seleksi Mandiri Universitas Airlangga menggunakan Tes Tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga.

Materi Tes terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang terdiri dari Saintek atau Soshum. Materi TPA terdiri dari kemampuan verbal, numerik, dan penalaran.

Materi TKA Saintek (kelompok ujian Saintek) terdiri dari Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Matematika. Sedangkan materi TKA Soshum (kelompok ujian Soshum) terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Baca juga: Harkitnas di UNS: Sederet Artis Bakal Hadir, Ada Once hingga Alffy Rev

Ujian Tulis menggunakan Computer Based Test (CBT) yang diselenggarakan di Kampus Universitas Airlangga Surabaya.

3. SMUA Kemitraan Ujian Tulis

SMUA Kemitraan Ujian Tulis merupakan jalur seleksi Mandiri Kemitraan Universitas Airlangga menggunakan Tes Tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga.

Materi Tes terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang terdiri dari Saintek atau Soshum. Materi TPA terdiri dari kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Materi TKA Saintek (kelompok ujian Saintek) terdiri dari Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Matematika. Sedangkan materi TKA Soshum (kelompok ujian Soshum) terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Ujian Tulis menggunakan Computer Based Test (CBT) yang diselenggarakan di Kampus Universitas Airlangga Surabaya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com