Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASFA Foundation dan Gontor Sepakat Kerek SDM Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam

Kompas.com - 01/05/2023, 19:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - ASFA Foundation (Yayasan Assalam Fil Alamin) dan Pondok Pesantren Gontor sepakat untuk terus melakukan upaya peningkatan ukhuwah islamiyah dan mendiskusikan berbagai problematika keumatan.

Khususnya, percepatan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan pesantren dan perguruan tinggi Islam.

Baca juga: 10 Kampus Punya Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia, Ada 3 PTS

"Alhamdulillah, kami menerima kunjungan silaturahmi pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor KH Hasan Abdullah Sahal dan Prof. KH Amal Fathullah Zarkasyi MA. Kita mendiskusikan berbagai problematika keumatan khususnya pembangunan SDM di lingkungan pesantren dan perguruan tinggi Islam," kata Ketua ASFA Foundation Dr. Syafruddin Kambo dalam keterangannya, Senin (1/5/2023).

Syafruddin yang didampingi Ketua Nadzir Wakaf ASFA Irjen Pol (Purn) Mas Guntur Laupe dan jajaran pengurus yayasan dan Lazis ASFA menyambut tamu kehormatan dengan hangat dan menjelaskan berbagai kegiatan ASFA Foundation kepada Pimpinan Pesantren Gontor.

Syafruddin mengapresiasi kiprah Gontor dalam mendidik umat.

Dia pun menyatakan rasa bangganya karena Gontor mampu melahirkan tokoh-tokoh bangsa perekat umat dan bangsa di tingkat nasional maupun internasional.

"Apa yang telah dilakukan Gontor sudah benar, yaitu fokus dan konsentrasi pada pengembangan, penguatan dan percepatan SDM, serta menyiapkan generasi muda untuk mengisi masa depan Indonesia, jauh dari hiruk pikuk polarisasi dan dinamika politik praktis," ungkap dia.

KH. Hasan Abdullah Sahal menyebut, pendidikan karakter harus dijadikan sebagai pondasi yang kuat, sehingga tidak kehilangan nurani dan jati diri kemanusiaannya.

Baca juga: 10 Kampus Punya Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia, UI Nomor 1

Dia juga menekankan agar tetap terjaganya jati diri mayoritas warga negara Indonesia yang beragama dan berakhlaqul karimah.

"Setiap tokoh ada masanya dan setiap masa ada tokohnya, maka perlu dilakukan penguatan kaderisasi yang benar secara berkelanjutan," ucap KH. Hasan Abdullah.

Pimpinan Gontor yang juga Ketua Forum Silaturahim Pesantren Muadalah (FKPM) Prof. KH. Amal Fathullah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada ASFA Foundation yang selama ini telah berpikir keras dan bekerja nyata dalam mendukung percepatan dan kaderisasi di lingkungan pesantren.

"Kaderisasi harus dilakukan by design, terstruktur dan terpola dengan baik," tutur Prof. KH. Amal Fathullah.

Baca juga: 10 Kampus Punya Jurusan Matematika Terbaik di Indonesia, UPI Nomor 1

Kunjungan pimpinan Pesantren Modern Gontor merupakan kehormatan bagi lembaga ASFA.

"Para pimpinan Gontor mendoakan agar ASFA dapat terus menebar kebaikan khususnya di lingkungan pondok pesantren dan perguruan tinggi Islam," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com