Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mandiri ISI Jogja 2023 Dibuka 30 Mei, Ini Syaratnya

Kompas.com - 14/04/2023, 12:46 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja membuka jalur Mandiri pada penerimaan mahasiswa baru 2023/2024.

Jalur Mandiri yang dibuka ISI Jogja 2023 terdiri dari dua jalur. Yakni jalur Mandiri Diploma dan Sarjana serta jalur Mandiri Lanjutan.

Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di ISI Jogja lewat jalur Mandiri bisa memperhatikan informasi berikut ini. Lengkap mengenai jadwal pendaftaran jalur Mandiri ISI Jogja 2023 hingga syarat yang harus dipenuhi.  

  • Pendaftaran jalur Mandiri ISI Jogja 2023: 30 Mei-27 Juni 2023
  • Upload portofolio: 30 Mei-29 Juni 2023
  • Pengumuman seleksi: 27 Juli 2023
  • Masa pembayaran UKT: 1-7 Agustus 2023
  • Registrasi: 10-11 Agustus 2023.

Baca juga: SMMPTN Barat 2023 Dibuka 2 Mei, Ini Syarat Daftarnya 

Jalur mandiri Diploma/Sarjana

Melansir dari laman PMB ISI, Kamis (13/4/2024) pendidikan Program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4) di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan insan-insan akademik dan praktisi yang kreatif, produktif, sebagai seniman Indonesia yang mendunia.

Yaitu sarjana yang memiliki kematangan jiwa dan kepribadian serta tanggap terhadap segala bentuk aspirasi masyarakat dan perkembangan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.

Persyaratan umum

  • Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA/Paket C semua jurusan yang dibuktikan dengan ljazah/STTB dan SKHUN (khusus lulusan 2023 dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus disertai hasil nilai ujian sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah).
  • Pendaftar melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran sebesar Rp 200.000.
  • Pendaftar mengunggah syarat dan kelengkapan berkas sesuai ketentuan.

Persyaratan kesehatan

Peserta diwajibkan memiliki syarat kesehatan sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sebagaimana berikut:

  • Fakultas Seni Pertunjukan : Sehat paru-paru, THT, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi. Khusus untuk Program Studi Tari, Teater, Pendidikan Seni Pertunjukan, Seni Pedalangan disyaratkan tidak buta warna menurut Dokter spesialis
  • Fakultas Seni Rupa: Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi
  • Fakultas Seni Media Rekam: Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi.


Baca juga: Biaya Pendaftaran 22 Sekolah Kedinasan Milik Kemenhub 2023

Jalur Mandiri Program Lanjutan

Jalur Mandiri Program Lanjutan diselenggarakan secara khusus bagi Lulusan Program Diploma D3 pada Program Studi sejenis/linier untuk studi lanjut di jenjang Pendidikan Sarjana Terapan (D4)

Persyaratan umum:

  • Pendaftar adalah lulusan program studi jenjang Diploma III dengan program linier dengan program studi pilihan yang dibuktikan dengan ljazah dan Transkrip Nilai
  • Pendaftar melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran sebesar Rp 200.000
  • Pendaftar mengunggah syarat dan kelengkapan berkas sesuai ketentuan

Persyaratan kesehatan

Peserta diwajibkan memiliki syarat kesehatan sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sebagaimana berikut:

  • Fakultas Seni Rupa: Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi
  • Fakultas Seni Media Rekam: Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi

Biaya kuliah ISI Yogyakarta

Melansir dari Kompas.com, ISI Yogyakarta memiliki sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) bertingkat bagi mahasiswa dari seluruh jalur penerimaan.

Khusus mahasiswa jalur seleksi Mandiri, harus memberikan Sumbangan Pengembangan Instituti (IPI) yang dibayarkan satu kali pada saat registrasi. Besaran IPI, yakni senilai
Rp 2.000.000 sampai Rp 12.000.000.

ISI Yogyakarta memiliki sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) bertingkat bagi mahasiswa dari seluruh jalur penerimaan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com