Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah Universitas Terbuka 2023 Jenjang D2-D4 dan S1

Kompas.com - 12/04/2023, 16:10 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) dapat menjadi kampus pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka yang diterapkan dalam sistem pendidikan di UT membuat perguruan tinggi yang berpusat di Tangerang Selatan ini sangat diminati oleh banyak calon mahasiswa terutama yang berencana untuk melanjutkan kuliah sambil bekerja.

Dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan, mahasiswa UT dapat melakukan perkuliahan dengan waktu yang lebih fleksibel.

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di UT, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu biaya kuliah yang ada di setiap program studi (prodi) di UT.

Baca juga: Biaya Kuliah Politeknik Negeri Jakarta Jalur Mandiri 2023

UT menerapkan dua biaya kuliah yang harus dipenuhi oleh mahasiswanya, yakni biaya uang kuliah dan biaya layanan akademik lainnya.

Biaya kuliah di UT tergantung dari skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa, yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per SKS).

Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) sendiri terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online. Komponen layanan setiap jenis SIPAS terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online.

SIPAS Non TTM meliputi OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, praktik/ praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah (Karil), Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)/Pengambilan Ijazah (PI).

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh, UT Gandeng Kompas Gramedia

SIPAS Semi meliputi OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.

SIPAS Penuh meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.

SIPAS Plus meliputi OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara,alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI, dan pelatihan pengembangan diri.

SIPAS Online meliputi OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital, praktik/praktikum Online, Tuton, Ujian Online, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.

Baca juga: Ini Perbedaan Beasiswa Pendidikan Indonesia dan LPDP

Biaya Kuliah Universitas Terbuka 2023

Dilansir dari laman portal Universitas Terbuka, berikut rincian biaya kuliah di UT tahun 2023

Program Diploma

D2 Perpustakaan

  • SIPAS Non TTM: Rp 1.150.000
  • SIPAS Semi: Rp 1.600.000
  • SIPAS Penuh: Rp 2.220.000
  • SIPAS Plus: Rp 2.400.000

D3 Perpajakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com