Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cetak Talenta Digital, "Juara Coding" Gelar Kelas Pelatihan SMK Jakarta

Kompas.com - 09/03/2023, 16:32 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com -  Juara Coding resmi membuka "Kelas Pelatihan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia" bagi 120 siswa terbaik dari SMKN 4 Jakarta, SMKN 36 Jakarta dan SMK Perguruan Cikini 1 Jakarta pada Kamis, 9 Maret 2023.

Juara Coding sendiri adalah program pendidikan dari PT Danamas Insan Kreasi Andalan (DIKA) yang memberi pelatihan intensif untuk menjadi software developer maupun software quality assurance.

Kelas Pelatihan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilaksanakan adalah kelas Software Quality Assurance – Robotic Process Automation (SQA -RPA).

“Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan teknologi menjadi faktor penting dalam perkembangan industri dan digitalisasi ini banyak sekali sistem baru yang dibuat oleh para software engineer," ungkap Pricilia Johani, Marketing Manager Juara Coding melalui rilis resmi (9/3/2023).

"Pada saat akan diimplementasikan memerlukan pengecekan oleh seorang Software Quality Assurance (SQA) yang tugasnya mengecek kelayakan sistem untuk naik ke produksi,” jelasnya. 

Pricilia juga menegaskan, SQA menjadi salah satu bidang pekerjaan yang memiliki peluang besar dalam penyerapan tenaga kerja digital (Digital Talent).

Proses pembelajaran dilakukan secara hibrid sehingga peserta dapat mengikuti pembelajaran daring dari lokasi masing-masing. Sedangkan kegiatan luring dilakukan di SMKN 4 Jakarta dan Gedung Tokopedia, Karet Semanggi, Jakarta.

Pelatihan ini juga dihadiri Wahidin Ganef (Pengawas Paket SMK Sudin Pendidikan Jakarta Utara), Rianto Tonga (Kepala Sekolah SMKN 4 Jakarta), Sri Tati Sugiarti (Kepala Sekolah SMKN 36 Jakarta), Rifat (Kepala Sekolah SMK Perguruan Cikini 1 Jakarta), dan seluruh pimpinan PT DIKA yang membawahi Juara Coding.

Dalam kesempatan sama Sulistyaningsih Renwarin, Direktur Operasional, Finance, dan HRD Juara Coding berharap kegiatan ini akan mampu melahirkan talenta digital yang berkualitas dari SMK.

Baca juga: Cetak Talenta Digital, Lazada Gelar Pelatihan Naik KeLaz untuk Siswa SMK

“Kami, Juara Coding yakin bahwa dengan adanya kegiatan Pelatihan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Siswa/I SMK ini akan mampu menjadi Digital Talent SMK yang memiliki kualitas sarjana,” ujarnya.

Ia menyampaikan, Juara Coding berdiri pada bulan Juli 2019 dan sampai Desember 2022 sudah menyelesaikan 22 batch pelatihan dengan total peserta 400 orang di mana 80 persen lulusan sudah diterima di berbagai industri, termasuk disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan PT DIKA.

"Program ini adalah solusi bagi para lulusan IT untuk mengembangkan kariernya di bidang digital untuk memberi bekal baik hard skill dan soft skill sehingga para lulusan IT siap bekerja di berbagai industri," tutup Sulistyaningsih Renwarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com