Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Beda Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Kompas.com - 15/10/2022, 13:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi saat ini membuat lulusan jurusan bidang teknologi informasi (TI) dicari banyak perusahaan.

Ada banyak jurusan kuliah yang mempelajari serba-serbi bidang teknologi informasi. Seperti Teknik Informatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Sistem Informasi dan masih banyak lainnya.

Meski sama-sama mempelajari bidang teknologi informasi, namun ada perbedaan lho diantara beberapa jurusan bidang teknologi informasi.

Misalnya jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer. Lantas apa saja perbedaan ketiga jurusan kuliah tersebut?

Baca juga: Jurusan Antropologi: Mata Kuliah, Prospek Kerja dan Kampus Pilihannya

Melansir dari laman Masoem University, Sabtu (15/10/2022) menjelaskan perbedaan jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer.

Bagi mahasiswa yang tertarik mempelajari bidang teknologi informasi, perlu mengetahui informasi ini agar tidak salah pilih jurusan kuliah. Yuk simak bersama ulasannya.

1. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi mempelajari programming namun lebih dominan ke proses bisnis perusahaan. Selain mempelajari ilmu komputer, juga mempelajari tentang ekonomi, pengembangan sistem sampai manajemen dan keuangan.

Mahasiswa yang mempelajari jurusan sistem informasi akan belajar mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis suatu perusahaan berdasarkan data. Kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Tujuannya adalah agar seluruh proses bisnis perusahaan bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Baca juga: 11 Kampus dengan Fakultas Hukum Terbaik Indonesia Versi THE AUR 2022

2. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika merupakan kombinasi antara bidang ilmu software engineering dan ilmu komputer. Teknik Informatika mempelajari penggunaan teknologi komputer secara optimal dalam menangani masalah pengolahan data dengan proses logika.

Mahasiswa di jurusan ini selain belajar tentang pemrograman komputer, juga mempelajari bagaimana proses sebuah software. Sampai keterampilan merancang perangkat lunak untuk tugas akhir atau skripsi.

Mahasiswa yang memilih jurusan ini juga dituntut untuk mahir membuat aplikasi. 

3. Jurusan Teknik Komputer

Jurusan ini lebih membahas seputar hardware (perangkat keras) dan merupakan ilmu gabungan dari ilmu kelistrikan dan ilmu komputer. Tak hanya itu, jurusan Teknik Komputer mempelajari lebih banyak tentang listrik arus lemah yang digabung dengan ilmu pemrograman.

Mahasiswa teknik komputer akan belajar tentang chip dan prosesor dan biasanya ilmu yang dipelajari di jurusan ini bisa ditemukan juga di bidang Teknik Elektro.

Dari ulasan singkat tersebut, perbedaan dari jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer adalah konsentrasi bidang keahliannya.

Jika kamu tertarik dengan hal-hal seputar pembuatan aplikasi, bisa memilih jurusan Teknik Informatika. Namun jika tertarik dengan proses bisnis dan pengolahan sistem dari perusahaan, bisa memilih jurusan Sistem Informasi. Sedangkan jika tertarik dengan elektronik dan lebih menyukai perangkat keras (hardware) dibandingkan perangkat lunak (software), anda bisa memilih jurusan teknik komputer.

Baca juga: Beasiswa Pancakarsa bagi S1 Segera Dibuka, Ada Bantuan UKT Rp 10 juta

Demikian informasi mengenai perbedaan jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Sistem Informasi.

Calon mahasiswa yang ingin mempelajari bidang teknologi informasi namun masih bimbang menentukan pilihan jurusan, bisa menjadikan informasi ini sebagai pengetahuan tambahan dalam memilih jurusan kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com