Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumnus SMK Mampu Dirikan Perusahaan Animasi hingga Tembus Global

Kompas.com - 08/05/2022, 14:35 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan kini tak gampang. Semua membutuhkan perjuangan agar mendapatkan apa yang dicita-citakan. Apalagi punya perusahaan sendiri.

Tapi, hal itu bisa diraih oleh Muhammad Iksan, alumnus SMKN 4 Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur yang mendirikan perusahaan animasi.

Bahkan kini perusahaannya yang bernama 3 Segment itu mampu menjamah pangsa pasar internasional atau sudah merambah global.

Baca juga: Lulusan SMA/SMK, Ini Tips Cari Kerja agar Cepat Dapat Pekerjaan

"Jadi, sejak masuk SMK memang saya sudah ingin mempelajari animasi dengan melihat tren visual," ujar Iksan dikutip dari laman Direktorat Pendidikan Jenderal Vokasi Kemendikbud Ristek, Senin (2/5/2022).

Berawal ketertarikan dunia animasi

Dikatakan, dirinya memiliki ketertarikan dalam dunia animasi. Terbukti, keseriusannya dalam mengulik hal-hal yang berkaitan dengan animasi membuatnya berani mendirikan perusahaan animasi bersama kakaknya di Kota Madiun.

Hal itu ia buktikan bahwa baru berusia 2 tahun, 3 Segment bahkan sudah dapat menembus pasar global.

Tentu semua berkat kerja keras dan mengimplementasi pemasaran secara digital, 3 Segment berhasil menarik klien dari Negeri Samba, Brazil.

"Kami terus ekspansi ke market-market digital di luar sana, seperti Canva. Klien kami bahkan sudah ada yang dari luar negeri, Fiver dari Brazil, berupa social media management," jelas Iksan.

Baca juga: HRD: Apa Kekurangan Diri Anda? Ini 7 Contoh Jawabannya

Tetapi, Iksan mengaku sebelum mendirikan perusahaan animasi tersebut dirinya pernah bekerja lepas di sebuah studio animasi dengan membuat iklan animasi 2D maupun 3D.

Namun tidak puas sampai di situ, Iksan terus mengasah kompetensinya untuk dapat terus berkarya dan berkarier di bidang industri animasi.

Terlibat PON Papua 2021

Pada perhelatan PON Papua 2021, Iksan mengaku perusahaan yang didirikannya bersama sang kakak juga turut terlibat.

"PON Papua adalah proyek terbesar. Awalnya dari kakak saya mendapat panggilan diajak kerja sama, lalu kita mengerjakan visualnya," ungkapnya.

Ke depan, Iksan berencana untuk terus mengembangkan perusahaannya di bidang industri animasi serta menyerap adik-adik dari SMKN 4 Madiun untuk dapat magang dan bekerja di perusahaannya.

Iksan pun berpesan pada mereka yang masih duduk di bangku SMK bahwa untuk menjadi sukses dibutuhkan kefokusan pada satu bidang yang menjadi passion.

Baca juga: Ini Kriteria Foto Lamaran Kerja yang Disukai HRD

"Fokus apa yang kamu sukai sesuai passion kamu, karena zaman sekarang pekerjaan semakin spesifik. Kalau passion-nya 3D, ya sudah 3D saja. Konsisten, pasti nanti ada yang membutuhkan," pesan Iksan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com