Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sediakan Kuota 50 Persen di Jalur Mandiri, Cek 5 Jurusan Favorit UM

Kompas.com - 27/04/2022, 11:46 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalur Mandiri yang diadakan di masing-masing perguruan tinggi sangat dinanti siswa yang tidak mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022.

Kuota jalur mandiri di perguruan tinggi pun biasanya lebih besar dibandingkan penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN maupun UTBK SBMPTN.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) di Jawa Timur, Universitas Negeri Malang (UM) membuka seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri.

Pada penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, kuota yang disediakan UM sebesar 20 persen, jalur SBMPTN sebesar 30 persen. Sementara untuk penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri, UM menyediakan kuota maksimal sebesar 50 persen dari jumlah total diterimanya calon mahasiswa.

Baca juga: Forisa Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-D3, Ayo Daftar

UM buka Jalur Mandiri dengan kuota 50 persen

Melansir dari laman resmi UM, Selasa (26/4/2022), penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri, terdapat beberapa jenis seleksi yang bisa diikuti calon mahasiswa yang ingin kuliah di UM, yakni:

1. Melalui jalur prestasi (akademik maupun non-akademik)

2. Portofolio

3. Skor UTBK

4. Tes Masuk Berbasis Komputer (TMBK).

Selain itu, pada tahun ini UM juga hadirkan sebuah terobosan baru dalam menjaring calon mahasiswanya, yaitu dengan dibukanya jalur Mandiri Kemitraan Institusi.

Jalur Mandiri Kemitraan Institusi adalah seleksi yang dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru yang bekerja sama dengan institusi (perusahaan, atau lembaga pemerintah/swasta dalam dan luar negeri) yang bermaksud menjalin kerja sama untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di UM.

Baca juga: 6 Tips Puasa dalam Kondisi Pandemi Covid-19, Mahasiswa Yuk Coba

Jurusan favorit di UM

Jalur ini terbuka untuk semua institusi yang ingin bekerja sama dengan UM. Dengan begitu akan ada Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pihak UM dengan institusi terkait termasuk penetapan kuotanya.

Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru, ada beberapa program studi (prodi) di Universitas Negeri Malang (UM) yang selalu menjadi favorit setiap tahunnya.

Prodi paling favorit di UM pada penerimaan mahasiswa baru yakni:

1. Manajemen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com