Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2022, 20:20 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2022 yang sudah dibuka.

Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan tindak lanjut dari kebijakan perluasan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diluncurkan melalui melalui Merdeka Belajar episode kesepuluh.

Nadiem mengajak semua pelajar, pendidik, serta pelaku budaya untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Baca juga: BCA Multi Finance Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA, Buruan Daftar 

Ada kuota 3.000 penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia

Dia menjelaskan, pada tahun 2022 ini, Beasiswa Pendidikan Indonesia akan diberikan kepada lebih dari 3.000 penerima beasiswa baru untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Kami akan terus meningkatkan jumlah penerima beasiswa dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang menerima manfaat dari beasiswa pendidikan Indonesia," kata Nadiem Makarim seperti dikutip dari laman Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, Senin (25/4/2022).

Perluasan beasiswa LPDP, lanjut Nadiem, memberikan kesempatan bagi peningkatan kapasitas melalui program gelar dan nongelar.

Baca juga: 5 Kegiatan Sains Menyenangkan bagi Anak Usia Dini, Yuk Coba

Melalui program ini, pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan yang dikelola oleh LPDP dapat menjangkau sasaran yang lebuh luas, beragam, dan tepat sasaran.

Selain untuk pendidikan gelar, Beasiswa LPDP sekarang mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan melalui program non-degree atau yang biasa disebut sebagai program microcredential.

Semua bisa mendapatkan kesempatan lanjutkan studi

Mendikbud Ristek menyampaikan, terobosan yang dilakukan oleh Kemendikbud Ristek melalui program perluasan beasiswa LPDP adalah dengan mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya.

Baca juga: Dosen Fisip UAJY Raih Hibah dari Amerika untuk Ketiga Kalinya 

Program ini tidak hanya diberikan untuk jenjang Pascasarjana, melainkan untuk mahasiwa jenjang S1, seniman, dan pelaku budaya pun bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi.

"Semua Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti Beasiswa Pendidikan Indonesia," ungkap Nadiem.

Beasiswa Pendidikan Indonesia ini bisa dimanfaatkan terutama bagi siswa dan mahasiswa berprestasi, guru, dosen, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya.

Kemendikbud Ristek juga selalu berkomitmen penuh untuk menjaga ketersediaan dana dan keberlangsungan program beasiswa ini demi mewujudkan cita-cita bersama, yakni SDM Unggul Indonesia Maju.

Baca juga: Cerita Januarti, Dosen ITS yang Dapat Julukan Queen of Ash

Jadwal pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2022

1. Pendaftaran: 11 April-30 Juni 2022

2. Seleksi administrasi dan pengumuman Hasil: 1-15 Juli 2022

3. Seleksi substansi/wawancara dan pengumuman hasil: 18-30 Juli 2022

4. Daftar ulang: 1-16 Agustus 2022

Baca juga: ITS Dipercaya Jadi Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia 2022

Siswa, mahasiswa dan masyarakat umum yang tertarik mengikuti beasiswa Beasiswa Pendidikan Indonesia, termasuk persyaratan dan pendaftaran bisa membacanya di laman beasiswa.kemdikbud.go.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com