Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Unair: Ikan Iblis di Danau Toba Resahkan Masyarakat, Ini Upayanya

Kompas.com - 22/04/2022, 11:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ikan iblis atau red devil fish dikabarkan telah muncul di Danau Toba. Bahkan ikan tersebut telah menyerang ikan endemik di danau tersebut.

Terkait kasus itu, dosen Prodi Akuakultur SIKIA Banyuwangi Universitas Airlangga (Unair) Darmawan Setia Budi, SPi., MSi., memberikan penjelasan.

Menurutnya, ikan iblis yang memiliki nama latin Cichlasoma labiatum bukan berasal dari Indonesia melainkan berasal dari Danau Managua dan Danau Nikaragua di Amerika Tengah.

Baca juga: Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui ala Dokter Unair

Awal keberadaannya di Indonesia, ikan ini diperkenalkan sebagai ikan hias akuarium. Sehingga marak dibudidayakan oleh masyarakat.

"Ikan ini dikenal sebagai ikan predator, karena termasuk golongan ikan karnivora dan memiliki kebiasaan memakan hewan-hewan yang lebih kecil," ujarnya dikutip dari laman Unair, Jumat (22/4/2022).

Darmawan menjelaskan, ikan iblis di Danau Toba kemungkinan disebabkan karena lemahnya pemahaman masyarakat yang memelihara atau membudidayakan ikan itu sebagai ikan hias.

Terdapat beberapa masyarakat yang memang tidak sengaja melepaskan ikan tersebut, bahkan ada yang sengaja melepaskannya.

Padahal, ikan iblis apabila dilepas liarkan di perairan umum akan berdampak pada populasi spesies endemik yang ada di perairan tersebut.

"Sebagai ikan yang bersifat predator, ikan iblis akan memangsa ikan yang lebih kecil yang sebagian besar mangsanya tersebut bisa jadi adalah benih-benih ikan endemik asli perairan tersebut," tuturnya.

Di sisi lain, ikan iblis memiliki kemampuan berkembang biak yang cukup besar, sehingga pertumbuhan populasi ikan tersebut sangat pesat.

Baca juga: 7 Tips Merawat Ikan Hias ala Akademisi IPB

Maka dari itu, ikan iblis bisa disebut sebagai ikan invasif yang membuat populasinya lebih dominan dibanding ikan asli Danau Toba.

"Hal ini tentunya menjadi ancaman yang sangat serius terhadap kelestarian spesies endemik di sana," katanya lagi.

Upaya pencegahan dan penanggulangan

Darmawan menjelaskan terkait beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi adanya ikan iblis di suatu ekosistem perairan tertentu, yakni:

1. Langkah pertama adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai akibat pelepasliaran spesies asing di perairan.

2. Langkah kedua adalah dengan memperketat aturan budidaya ikan spesies asing agar tidak mudah dilepas liarkan di alam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com