Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpan Permanen Akun LTMPT Diperpanjang hingga 12 April 2022

Kompas.com - 24/03/2022, 08:29 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada Kabar baik bagi calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 yang belum sempat simpan permanen Akun LTMPT.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memperpanjang proses simpan permanen Akun LTMPT.

Dalam Surat Edaran Tim Pelaksana Kesempatan Penyelesaian Permanen Akun LTMPT, simpan akun diperpanjang sampai 12 April 2022 pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, proses simpan akun sudah ditutup pada 17 Maret 2022.

LTMPT menjelaskan perpanjang ini dikarenakan permasalahan peserta yang sudah memiliki akun LTMPT namun belum permanen, yang disebabkan oleh belum lengkapnya data, seperti NPSN, NISN, tanggal lahir, jurusan, status aktif, dan lain-lain.

Baca juga: 25 Jurusan Kuliah UI dengan Tingkat Persaingan Rendah di SBMPTN

"Persoalan peserta belum dapat Permanen Akun LTMPT tersebut disebabkan peserta belum berhasil melakukan Verifikasi dan Validasi (Verval),” tulis SE tersebut yang dilansir dari laman LTMPT.

Dalam keterangannya resminya, periode registrasi akun LTMPT telah diselenggarakan dalam 2 tahap.

Yaitu Tahap 1 bagi siswa Kelas 12 yang akan mendaftar SNMPTN dari 10 Januari 2022 sampai dengan 28 Februari 2022 dan Tahap 2 bagi lulusan 2020 dan 2021 dari 14 Februari 2022 sampai dengan 17 Maret 2022.

Hingga penutupan Permanen Akun LTMPT pada tanggal 17 Maret 2022, pukul 15.00 WIB, jumlah siswa Kelas 12 tahun 2022 yang telah melakukan Permanen Akun LTMPT adalah 1.187.490 orang. Serta jumlah lulusan tahun 2020 dan 2021 adalah 182.196 orang.

Baca juga: Pendaftaran SBMPTN 2022, Cara Memilih Pusat UTBK 2022 dari LTMPT

Cara simpan permanen akun LTMPT

  • Buka portal.ltmpt.ac.id
  • Masuk dengan memasukan email dan password
  • Pergi ke halaman konfirmasi data
  • Centang pernyataan ‘Saya menyatakan bahwa daya yang saya isikan dalam borang ini adalah BENAR. Saya bersedia menerima sanksi pembatalan keikutsertaan pada SNMPTN dan/atau UTBK-SBMPTN apabila daya yang saya isikan TIDAK BENAR’
  • Sebelum mengklik simpan permanen, pastikan semua data yang Kamu masukan benar
  • Jika sudah yakin klik ‘Simpan Permanen’
  • Akan muncul konfirmasi klik Ya, simpan permanen.
  • Setelah melakukan simpan permanen halaman konfirmasi akan muncul warna hijau yang artinya data-data yang dimasukkan sudah terverifikasi.

Perlu diingat, apabila sudah dilakukan simpan permanen data tidak bisa diubah lagi. Untuk itu, sebelum simpan permanen ada baiknya cek kembali data yang telah diunggah.

Jika siswa sudah simpan permanen akun maka langkah selanjutnya adalah mendaftar UTBK-SBMPTN. Untuk persyaratan, jadwal, materi dan rincian lainnya, berikut info selengkapnya.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Cara mendaftar UTBK-SBMPTN 2022

1. Registrasi akun LTMPT
menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir di laman portal.ltmpt.ac.id

2. Login menggunakan akun LTMPT

3. Memilih menu verifikasi dan validasi data. Siswa mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata

4. Memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN. Siswa melengkapi biodata, memilih program studi, mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK PTN, dan mendapatkan slip pembayaran

5. Membayar di bank melalui Bank mandiri, Bank BNI, Bank BRI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran. Pembayaran dilakukan paling lambat 1 x 24 jam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com