Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kriteria Calon Mahasiswa yang Lolos Masuk Unpad Jalur SNMPTN

Kompas.com - 22/02/2022, 10:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, secara umum Unpad melakukan penilaian terhadap calon mahasiswa dari jalur SNMPTN berdasarkan prestasi akademik dan indeks sekolah.

Selain itu, ada parameter penilaian lain yang ditetapkan Unpad.

Baca juga: 16 Kampus Terbaik Versi QS WUR 2022, Jadi Acuan di SNMPTN dan SBMPTN

"Kami menghargai dan menilai prestasi akademik dan indeks sekolah yang sudah diajukan calon mahasiswa Unpad. Data dari LTMPT kemudian diserahkan kepada kami untuk selanjutnya dinilai berdasarkan kebijakan yang ada di Unpad," kata Prof. Arief melansir laman Unpad, Selasa (22/2/2022).

Prof. Arief menjelaskan, parameter penilaian yang ditetapkan Unpad, seperti keberpihakan pada persamaan gender, keberpihakan pada daerah tertinggal.

Keberpihakan pada daerah tertinggal tidak hanya mengutamakan pada satu wilayah saja.

Seluruh wilayah tertinggal di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bisa masuk Unpad.

"Di seluruh Indonesia masih banyak yang tertinggal dari sisi akses terhadap kualitas pendidikan di sekolahnya," ujarnya.

Parameter selanjutnya adalah keberpihakan terhadap calon mahasiswa asal Jawa Barat. Sebagai perguruan tinggi yang lahir dan berkembang di Tatar Sunda, Unpad memiliki visi untuk memajukan Jawa Barat.

Parameter terakhir, kata Prof. Arief, Unpad akan melihat kesesuaian nilai akademik di data LTMPT dengan program studi yang dipilih.

"Kesesuaian ini juga akan melihat data prestasi lain yang dapat menunjang prestasi akademik yang ada," jelas dia.

Baca juga: Profesor IPB: Kualitas Air di 10 Provinsi Masih Buruk

Prof. Arief menjabarkan, Unpad tidak membatasi kuota setiap sekolah dalam jalur SNMPTN. Jumlah peserta yang lolos seleksi murni didasarkan atas data nilai akademik di LTMPT dengan parameter tersebut.

"Intinya kami akan nilai seadil mungkin," tegas dia.

Jalur SNMPTN beri kewenangan penuh perguruan tinggi

Direktur Eksekutif LTMPT, Prof. Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan, seleksi jalur SNMPTN wewenangnya ada di perguruan tinggi masing-masing.

Karena itu, setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan tersendiri untuk menentukan bagaimana indeks sekolah hingga nilai akademiknya.

Lanjut Prof. Budi menjelaskan, setiap perguruan tinggi dalam melakukan penerimaan di jalur SNMPTN basisnya berdasarkan indeks sekolah, nilai akademik siswa, dan nilai akhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com