Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ivan Gunawan Bantu Kembangkan Kompetensi Siswa SMKN 9 Bandung

Kompas.com - 07/02/2022, 08:55 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengunjungi SMKN 9 Bandung, Sabtu (5/2/2022), perancang busana nasional sekaligus entertainer Ivan Gunawan memuji keahlian para siswa dan siswi.

Menurut Igun, begitu sapaan akrab Ivan Gunawan, siswa dan siswi kompetensi keahlian busana, kecantikan, dan tata boga SMK itu punya skill unggul bahkan juga dapat mengikuti perkembangan mode yang up to date (kekinian).

"Buat aku, siswa-siswi SMKN 9 Bandung hebat banget," ujar Igun seperti dikutip dari laman Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar).

Baca juga: Siswa, Ini 5 Jenis Makanan Peningkat Imun Tubuh

Igun menilai, para siswa tersebut bukan lagi sebagai pembalajar, tetapi juga mempunyai keahlian yang profesional dan cukup meyakinkan.

Sebagai pemilik brand busana yang telah bekerja sama dengan SMKN 9 Bandung, Igun memastikan, ada dua siswi dari kompetensi keahlian fashion (busana) SMKN 9 Bandung yang mulai bekerja di butiknya minggu depan.

"Di tempat saya magang itu dibayar, jadi saya anggap mereka bekerja. Saya harap mereka bisa terus menggali potensi dan punya etos kerja. Sebab, itu menandakan bahwa SMKN 9 Bandung punya bibit unggul lulusan yang siap bekerja," terangnya.

Ternyata, kedatangannya ke SMKN 9 Bandung bukan untuk memberi masukan saja, tetapi menjadi pendamping sekolah dalam mengembangkan kompetensi keahlian busana dan kecantikan.

Ia pun mendorong pelaku dunia usaha kreatif lainnya untuk mendukung jasa dan produk karya siswa SMK.

"Aku justru pengen ngajak temen-temen di industri kreatif bukan menjadi guru pelatihan tamu. Yang punya brand kosmetik bisa support ke sini dan siswa-siswa bisa ditarik jadi SDM di tempat usaha kalian," ajaknya.

Di SMKN 9 Bandung itu, Ivan Gunawan berkesempatan membagikan ilmunya kepada para siswa selama 20 menit.

Sementara Kepala SMKN 9 Bandung, Anne Sukmawati Kurnia Dewi menuturkan, kehadiran Igun merupakan bentuk jalinan kemitraan terkait fashion teknologi.

"Kita melihat (kompetensi keahlian) busana di SMKN 9 Bandung perlu mitra untuk mendukung fashion teknologi," katanya.

Baca juga: Disdik Jabar: Ini Manfaat Cangkang Telur bagi Tubuh

Selain itu, beberapa siswa diajak menghadiri fashion show. Bukan sebagai penonton, melainkan me-review (menilai) produk fashion yang dipamerkan.

"Jadi, saat ini lulusan tata busana tak hanya menjadi fashion designer, tapi me-review produk juga bisa," jelas Anne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com