Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asrama Mahasiswa UI Sediakan 400 Tempat Tidur Isolasi Mandiri Covid-19

Kompas.com - 13/07/2021, 09:42 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Asrama mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dialihfungsikan menjadi lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan.

Pengalihan fungsi Asrama Mahasiswa UI menjadi tempat isolasi mandiri dimulai sejak 9 Juli 2021.

Baca juga: Mengenal Penyakit Gerd dari Guru Besar UI

Upaya ini merupakan penambahan atau pengembangan kapasitas dari Wisma Makara UI yang sudah tidak dapat lagi menampung pasien Covid-19 berstatus .

Selama ini, asrama mahasiswa merupakan salah satu fasilitas yang diperuntukkan bagi para mahasiswa UI, terutama yang datang dari luar Jabodetabek.

Asrama mahasiswa ditetapkan secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Rektor UI nomor 39A/SK/R/UI/1995.

Pembangunan asrama mahasiswa UI pada awalnya hanya memiliki 365 kamar yang terbagi menjadi tiga blok, yakni blok A untuk kamar putri, serta blok B dan C untuk kamar putra.

Pada tahun 2021, Asrama Mahasiswa UI Depok memiliki lebih dari 1.300 kamar.

Pengelolaan tempat pemulihan/isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UI dikelola oleh Makara Hospitality Management (MHM) UI, yang juga mengelola Wisma Makara dan Pusat Studi Jepang UI.

Kedua tempat tersebut sudah lebih dulu (sejak November 2020) menjadi lokasi tempat pemulihan/isolasi mandiri pasien Covid-19 dengan tanpa gejala dan gejala ringan.

Kapasitas Wisma Makara UI yang memiliki kamar sebanyak 67 unit terdiri dari 120 tempat tidur dilengkapi dengan fasilitas penginapan setara bintang tiga yaitu jaringan internet, layanan konsumsi, dan binatu.

Keterlibatan Asrama Mahasiswa UI ini merupakan bagian dari upaya UI untuk mendukung program pemerintah guna percepatan penanganan Covid-19, khususnya di Kota Depok.

Baca juga: Guru Besar UGM: Interaksi Obat Tak Picu Pasien Covid-19 Meninggal

Menurut Kepala UKKPPM Makara Hospitality Management (MHM) Wisma Makara UI Erick A. Soyer, dirinya telah berkoordinasi penuh dengan BNPB Pusat, BNPB Kota Depok melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, dan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok.

Setidaknya ada 400 kamar yang disediakan Asrama Mahasiswa UI untuk pasien Covid-19 yang akan melakukan isolasi mandiri.

"Lalu Dinas Kesehatan Kota Depok, Pemerintah Kota Depok, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mempersiapkan Asrama Mahasiswa UI sebagai tempat pemulihan atau isolasi mandiri Covid-19," ucap dia melansir laman UI, Selasa (13/7/2021).

Dia menyebut, sejumlah persiapan dilakukan untuk menyiapkan asrama layak sebagai lokasi isolasi mandiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com