Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Job Fair, Diikuti 36 Perusahaan dan 149 Lowongan Kerja

Kompas.com - 28/04/2021, 19:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk membantu mempertemukan mahasiswa dengan perusahaan, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan acara Job Fair pada tanggal 28 hingga 29 April 2021.

Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19, tentu mahasiswa baru lulus cukup kesulitan menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai.

Acara kali ini dilaksanakan secara virtual melalui website resmi Career Development Center (CDC) UNS. Bahkan virtual UNS Job Fair XXI merupakan virtual Job Fair pertama yang diselenggarakan UNS.

Ketua Career Development Center (CDC) UNS Kusnandar menerangkan, acara Job Fair UNS merupakan program unggulan yang dilaksanakan secara rutin oleh CDC UNS.

Baca juga: Bisa untuk Diet, Ini Manfaat Kolang-kaling Menurut Pakar IPB

Diikuti 36 perusahaan

Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi Sumber Daya Manusia (SDM) terutama alumni UNS, dengan perusahaan-perusahaan yang sedang mencari talenta-talenta baru.

"Sebelumnya, acara UNS Job Fair dilaksanakan secara luring dan sempat terhenti di tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19," kata Kusnandar seperti dikutip dari laman UNS, Rabu (29/4/2021).

Kusnandar menerangkan, Virtual UNS Job Fair XXI diikuti oleh 36 perusahaan dari berbagai sektor. Mulai dari perbankan, industri pangan, media massa, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bahaya Makan Gorengan untuk Buka Puasa, Ini Penjelasan Pakar Gizi

Dari 36 perusahaan yang berpartisipasi dalam UNS Job Fair XXI, total lowongan pekerjaan yang dibuka sebanyak 149 lowongan.

Sementara untuk total pelamar yang tercatat hingga 28 April 2021 adalah sebanyak 1.257 pelamar.

Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah di hari kedua penyelenggaraan Virtual UNS Job Fair XXI.

Pertemukan pencari kerja dengan sektor industri

Kusnandar menambahkan, penyelenggaraan Virtual Job Fair XXI merupakan hasil inovasi guna menjawab tantangan wabah pandemi Covid-19 dan kemajuan teknologi saat ini.

"Inovasi menjadi sebuah keharusan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi ini," imbuh Kusnandar.

Selain menjadi penghubung bagi para pencari kerja dengan berbagai perusahaan, Virtual UNS Job Fair XXI juga menjadi wadah bagi sivitas akademika UNS untuk bersinergi dengan perusahaan-perusahaan yang akan menyerap talenta-talenta lulusan UNS.

Baca juga: Pakar UGM: Covid-19 Terus Bermutasi, Masyarakat Harus Disiplin Prokes

Memastikan kesempatan berkarir mahasiswa

Direktur Direktorat Reputasi Akademika dan Kemahasiswaan UNS Sutanto mengungkapkan, tugas sivitas akademika tidak hanya mendidik mahasiswa di kampus tetapi juga memastikan karir mereka di dunia kerja.

Melalui acara Virtual UNS Job Fair XXI, lanjut Sutanto, UNS ingin bergerak secara kolaboratif dengan mengundang pihak perusahaan untuk menyiapkan talenta-talenta dengan skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

"Tujuannya adalah untuk mendapatkan talenta yang cocok dan berbakat sehingga dapat mengembangkan dan memajukan perusahaan," ucap Sutanto.

Baca juga: Pakar IPB: Ini Bahaya Makan Telur Setengah Matang

Virtual UNS Job Fair XXI tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa dan alumni UNS, tetapi juga dapat diakses oleh kalangan umum dengan menjadi member. Semua layanan yang ada dalam CDC UNS dalam Virtual UNS Job Fair XXI diberikan secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com