Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puan Maharani: Kami Berharap Museum Nabi Muhammad SAW di Indonesia Segera Dibangun

Kompas.com - 04/06/2022, 07:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Museum Nabi Muhammad SAW akan dibangun di Indonesia, tepatnya di kawasan Jakarta Utara.

Peletakan batu pertama pembangunan museum Nabi Muhammad SAW pun telah dilakukan pada 26 Februari 2020 lalu.

Nantinya museum tersebut akan menampilkan kehidupan, keteladanan, keluarga, peran perdamaian, serta peradaban yang dibangun Nabi Muhammad SAW dengan teknologi 3D, hologram, dan augmented reality.

Museum Nabi Muhammad SAW di Indonesia diharapkan dapat menjadi tempat penelitian bagi santri, mahasiswa, dosen, dan peneliti untuk mempelajari kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Besaran THR Puan Maharani dan Anggota DPR

Harapan Ketua DPR

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (31/5/2022), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani mengatakan, Museum Nabi Muhammad SAW di Indonesia diharapkan dapat segera dibangun agar masyarakat dapat lebih mengenal dan mencintai sosok Nabi Muhammad.

Hal ini disampaikan Puan saat berkunjung ke Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam di Madinah, Senin (30/5/2022), atas undangan Liga Muslim Dunia.

"Kami berharap agar Museum Nabi Muhammad SAW di Indonesia bisa segera dibangun, sehingga kami Umat Islam yang ada di Indonesia dan dari berbagai belahan dunia lainnya bisa mengenal dan mencintai Nabi Muhammad dengan lebih lagi," kata Puan.

Menurut Puan, pembangunan Museum Nabi Muhammad SAW di Indonesia akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan peradaban dunia.

Baca juga: Mengapa Indonesia Tambah 3 Provinsi Baru di Papua? Ini Penjelasan Puan

Puan menambahkan, Museum Nabi Muhammad SAW juga dapat menjadi destinasi wisata religi yang membawa berkah bagi masyarakat Indonesia.

"Karena bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban dan kemanusiaan serta perdamaian," ujar Puan.

Puan menuturkan, pembangunan Museum Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah kebanggaan bagi Indonesia.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara pertama di luar Arab Saudi yang akan memiliki Museum Nabi Muhammad SAW dari 25 negara lain yang mengajukan permohonan.

"Kami juga menginginkan agar hubungan Arab Saudi dengan Indonesia bisa semakin erat, agar kita bisa sama-sama meneladani ajaran Nabi Muhammad SAW mengenai toleransi dan Islam yang moderat,” pungkasnya.

(Penulis: Ardito Ramadhan | Editor: Icha Rastika)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com