Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Pertama Kali Bersama Prabowo, Gibran: Tenang Pak, Saya Sudah di Sini

Kompas.com - 25/10/2023, 15:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Putra sulung Presiden Jokowi sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk pertama kalinya muncul ke publik berdampingan dengan Prabowo Subianto usai diusung menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) dalam Pilpres 2024.

Keduanya mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (25/10/2023).

Sebelum mendaftarkan diri, Prabowo dan Gibran menyampaikan pidato mereka di depan jajaran ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM), pendukung, dan simpatisan KIM.

Dalam pidatonya itu, Gibran tersenyum dan menyampaikan agar Prabowo tetap tenang.

"Tenang saja Pak Prabowo, tenang saja, Pak, saya sudah ada di sini," kata dia, dilansir dari live streaming Kompas.com, Rabu.

Di pidatonya itu, Gibran juga menyampaikan sejumlah program gagasannya. Dia mengaku akan melanjutkan dan menyempurnakan program-program pemerintah saat ini.

Beberapa program baru yang akan diusungnya bersama Prabowo, di antaranya adalah dana abadi pesantren, kredit start-up milenial, Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk lansia, dan kartu anak sehat guna pencegahan stunting.

“Lalu, tak lupa hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian, dan perikanan, ini wajib. Dan juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan,” tandas dia.

Baca juga: Perjalanan Karier Politik Gibran, Dua Tahun Wali Kota Solo lalu Melesat Jadi Cawapres


Tak muncul saat deklarasi bacawapres

Gibran secara resmi dideklarasikan menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

"Kita telah berembug secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," ujar Prabowo, dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Namun, pada malam deklarasi itu, Gibran tidak tampak hadir. Menurut Prabowo, Gibran sedang ada rapat di Solo sehingga tidak dapat datang.

"Ada rapat APBD. Iya (di Solo)," tutur Prabowo, dilansir dari Kompas.com (22/10/2023).

Sejak saat itu, Gibran belum pernah terlihat di antara para pemimpin partai KIM dan Prabowo.

Baca juga: Beda Sikap Gibran soal Cawapres 2024, Sempat Akui Belum Pantas, Kini Maju Bersama Prabowo

Sempat terlihat saat Rapimnas Golkar

Gibran terakhir kali terlihat ketika menghadiri acara Rapimnas Partai Golkar pada Sabtu (21/10/2023) pukul 12.49 WIB, sehari sebelum dirinya diusung menjadi bacawapres Prabowo.

Dalam rapimnas itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto mengumumkan mengusung Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo.

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan para Ketua DPD tadi malam, kami rapat cukup lama, cukup hangat, tapi semuanya konsensus. Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo," kata Airlangga, dilansir dari Kompas.com (21/10/223).

Merespons hasil rapimnas Partai Golkar, Gibran menyampaikan ucapan terima kasih.

"Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil Rapimnas pada siang hari ini," kata dia.

Selajutnya, ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi untuk menindaklanjuti hasil rapimnas kepada Prabowo Subianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com