Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta tentang Neil Armstrong, Manusia Pertama yang Mendarat di Bulan

Kompas.com - 29/07/2023, 19:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Neil Alden Armstrong adalah seorang astronaut, pilot uji coba, insinyur penerbangan, dan juga profesor universitas.

Namun, nama Neil Armstrong lebih populer dikenal sebagai seorang astronot yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan.

Dikutip dari laman resmi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang berjalan di bulan.

Ia pernah bertugas sebagai penerbang angkatan laut dari 1949 hingga 1952, kemudian bergabung dengan National Advisory Committee for Aeronautics (NACA) pada 1955.

Penugasan pertamanya adalah di NACA Lewis Research Center (sekarang NASA Glenn) di Cleveland.

Selama 17 tahun berikutnya, Armstrong menjadi seorang insinyur, pilot penguji, astronot, dan administrator untuk NACA dan badan penerusnya, NASA.

Baca juga: Berapa Banyak Manusia yang Pernah ke Bulan? Simak Daftarnya Berikut ini


Sebagai seorang pilot penelitian di Pusat Penelitian Penerbangan NASA, Armstrong menjadi pilot proyek di banyak pesawat perintis berkecepatan tinggi, termasuk yang terkenal, 4000-mph X-15.

Dia telah menerbangkan lebih dari 200 model pesawat yang berbeda, termasuk jet, roket, helikopter, dan pesawat layang.

Armstrong dipindahkan ke status astronot pada tahun 1962. Ia ditugaskan sebagai pilot komando untuk misi Gemini 8 yang diluncurkan pada 16 Maret 1966.

Kemudian, karir Neil Armstrong yang terkenal ke seluruh penjuru dunia adalah sebagai komandan pesawat ruang angkasa untuk Apollo 11.

Dalam misi tersebut, Armstrong memperoleh penghargaan sebagai orang pertama yang mendaratkan pesawat di bulan dan yang pertama menginjak permukaannya.

Baca juga: Apa Perbedaan Meteor, Asteroid, dan Komet? Berikut Penjelasannya

Fakta-fakta tentang Neil Armstrong

Foto yang diambil Neil Armstrong setelah Apollo 11 mendarat di bulanNASA Foto yang diambil Neil Armstrong setelah Apollo 11 mendarat di bulan

Dilansir dari laman Royal Museum Greenwich, berikut adalah sejumlah fakta tentang manusia pertama yang menginjak bulan, Neil Armstrong.

1. Menerima lisensi pilot di usia 16 tahun

Neil Armstrong lahir pada 5 Agustus 1930 di Ohio, Amerika Serikat (AS). Dia mulai terbang di usia muda setelah terpesona oleh pesawat dalam sebuah pertunjukan udara.

Pada ulang tahunnya yang ke-16, dia menerima lisensi pilotnya dan kemudian belajar teknik kedirgantaraan di Universitas Purdue.

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com