Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Jelang Final Sepak Bola SEA Games 2023 Indonesia Vs Thailand

Kompas.com - 16/05/2023, 14:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertandingan final cabor sepak bola SEA Games 2023 akan mempertemukan Indonesia dan Thailand yang diselenggarakan di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023).

Kick off akan dimulai pukul 19.30 WIB. Anda dapat menyaksikan laga final Indonesia vs Thailand melalui link live streaming berikut ini: Indonesia vs Thailand di final bola SEA Games 2023. 

Jelang laga puncak SEA Games 2023, terdapat beberapa fakta tentang pertemuan final Indonesia melawan Thailand. Sebelumnya, kedua tim tersebut sudah beberapa kali bertemu di final SEA Games. 

Lantas, apa saja fakta pertandingan final timnas Indonesia vs Thailand?

Baca juga: Daftar Juara Cabor Sepak Bola SEA Games dari Masa ke Masa

6 fakta pertandingan final timnas Indonesia vs Thailand

Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Kamboja saat pertandingan Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). Terkini, Indonesia berhasil lolos ke final dan akan melawan Thailand pada Selasa (16/5/2023).ANTARA/M Agung Rajasa Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Kamboja saat pertandingan Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). Terkini, Indonesia berhasil lolos ke final dan akan melawan Thailand pada Selasa (16/5/2023).
Ada sederet fakta menarik jelang pertandingan final Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023 ini, berikut di antaranya:

1. Thailand unggul head to head dengan Indonesia

Dilansir dari Kompas.com, Senin (15/5/2023), Thailand masih unggul dalam rekor pertemuan dengan Indonesia (head to head) selama penyelenggaraan SEA Games.

Sejauh ini, Indonesia dan Thailand sudah bertemu sebanyak 23 kali. Tetapi Indonesia hanya bisa meraih 5 kali kemenangan atas Thailand.

Sementara itu, Thailand tercatat meraih 16 kemenangan atas Indonesia, dan dua pertemuan lainnya menghasilkan skor imbang di antara kedua kesebelasan tersebut.

2. Indonesia pernah kalahkan Thailand di bawah kepelatihan Indra Sjafri

Meskipun Indonesia tercatat baru 5 kali mengalahkan Thailand, namun fakta menariknya adalah Indonesia pernah mengalahkan Thailand di bawah kepelatihan Indra Sjafri.

Indra Sjafri pernah membawa timnas Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 2-0 pada SEA Games 2019.

Saat itu, tim yang dibentuk oleh Indra Sjafri tersebut berhasil membekuk Thailand di fase grup melalui gol dari Egy Maulana dan Osvaldo Haay.

Selain SEA Games, timnas Indonesia asuhan Indra Sjafri juga pernah mengalahkan Thailand di final Piala AFF U22 2019.

Baca juga: Piala Dunia U-20 di Indonesia Batal, Pengamat: Implikasi Tata Kelola Sepak Bola yang Buruk dan Gaduh Politisi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com