Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Nyeri Haid Akan Hilang Setelah Menikah, Benarkah Demikian?

Kompas.com - 17/02/2023, 08:05 WIB
Diva Lufiana Putri,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video yang menuliskan bahwa nyeri haid atau menstruasi akan hilang setelah menikah, ramai di media sosial.

Video tersebut dibuat oleh akun TikTok ini pada Rabu (15/2/2023).

Tampak dalam video, seorang perempuan disertai tulisan yang menerangkan selalu merasakan sakit setiap menstruasi, tetapi justru diimbau untuk menikah oleh dokter.

"Setelah menikah, tiba-tiba nyerinya langsung hilang," lanjutnya.

Video ini pun menarik perhatian warganet hingga menuai lebih dari 810.000 tayangan.

Hingga Kamis (16/2/2023) siang, unggahan telah disukai oleh lebih dari 39.000 warganet dan dikomentari lebih dari 2.300 pengguna.

Baca juga: Efek Ketergantungan Obat Pereda Nyeri Haid, Apa Saja?

Baca juga: 6 Cara Meredakan Nyeri Haid

Komentar warganet

Dalam kolom komentar, sebagian besar warganet mengaku merasakan hal serupa. Namun, ada pula warganet yang masih merasakan nyeri haid setelah menikah.

"Aku bangeet. setiap haid sulit jalan dan nyeri sampe migrain dan muntah2. pas periksa katanya kalo uda nikah bakal ilang sakitnya. kenapa ya," tulis salah satu pengguna.

"Real bgt nih, aku waktu sebelum nikah tiap dateng bulan itu wajib minum obat nyeri. Sekarang udh nikah ilang bgtu saja," komentar warganet lain.

"Kisahku waktu gadis dulu, habis nikah terus gak sakit," kata warganet lain.

Baca juga: Ramai soal Ibu Hamil dan Gadis Tak Boleh Makan Pisang Dempet karena Picu Kelahiran Kembar Siam, Ini Kata Dokter

Lantas, benarkah nyeri haid akan hilang setelah menikah?

Berkaitan dengan melahirkan

Tak selalu pakai obat, ada berbagai cara meredakan nyeri saat haid yang bisa dicoba.Shutterstock/ViDI Studio Tak selalu pakai obat, ada berbagai cara meredakan nyeri saat haid yang bisa dicoba.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) dari RSIA Anugerah Semarang, dr Indra Adi Susanto menjelaskan, hilangnya nyeri haid setelah menikah berkaitan dengan proses melahirkan.

Indra menerangkan, nyeri haid atau dismenore terjadi saat jaringan yang melapisi bagian dalam rahim mulai luruh sebagai persiapan untuk pendarahan bulanan.

"Saat menstruasi, rahim akan berkontraksi, sehingga suplai darah demikian juga oksigen dalam darah, ke rahim, terhambat," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Bisa Memperparah Nyeri Haid, Apa Saja?

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com