Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Cek Penerima Bantuan STB Gratis dan Cara Pengajuannya

Kompas.com - 06/11/2022, 10:00 WIB
Rendika Ferri Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan bantuan set top box gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Bantuan STB gratis ini dalam rangka migrasi sistem TV terestrial analog ke digital atau analog switch off (ASO) yang telah dimulai secara bertahap pada 2 November 2022 lalu.

Dikutip dari Kominfo, sesuai PP Nomor 46 tahun 2021, Kominfo telah melakukan distribusi bantuan STB kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) sejumlah 1.055.360 unit STB per 31 Oktober 2022 secara nasional.

Dari jumlah tersebut, wilayah jabodetabek sejumlah 473.308 unit STB dari target 479.307 unit STB, sebanyak 60.791 RTM tidak memenuhi kriteria/gagal serah.

RTM yang menjadi calon penerima bantuan STB adalah yang terdaftar di dalam desil 1 data Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Sementara khusus Provinsi DKI Jakarta adalah RTM yang telah terdaftar pada data carik desil 1 Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Harga Set Top Box (STB) TV Digital Terbaik Bersertifikat Kominfo

Link dan cara pengajuan bantuan STB gratis dari Kominfo

Bagi RTM yang berhak menerima bantuan, tetapi terkendala di lapangan sampai dengan 2 November 2022, maka dapat melakukan pengaduan.

RTM yang masih membutuhkan bantuan STB dapat mengajukan secara mandiri dengan menghubungi call center 159 atau ke nomor telepon Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB terdekat.

Link dan mekanisme mengajukan bantuan STB secara mandiri adalah:

  1. Membuka website https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/
  2. Memasukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia,
  3. Klik “Pencarian”,
  4. Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, maka dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli,
  5. Jika mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko.

Baca juga: Apakah Anda Termasuk Penerima STB Gratis? Cek di Sini!

Daftar lokasi posko

Berikut daftar lokasi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB di wilayah Jabodetabek.

Posko mulai beroperasi sejak tanggal 2 hingga 4 November 2022 pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB di wilayah Jabodetabek mulai beroperasi sejak tanggal 2 hingga 4 November 2022, jam 08.00 ? 19.00 WIB yang berlokasi di:Kominfo Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB di wilayah Jabodetabek mulai beroperasi sejak tanggal 2 hingga 4 November 2022, jam 08.00 ? 19.00 WIB yang berlokasi di:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com