Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Bukan Monalisa, Inilah 5 Lukisan Termahal di Dunia

Kompas.com - 27/09/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Lukisan adalah karya seni yang tak ternilai harganya. Di dalamnya, ada banyak sentuhan yang diberikan pelukis melalui pemilihan warna dan guratan kuas sehingga memberikan makna mendalam.

Itu sebabnya, ada beberapa lukisan yang harganya sangat mahal sehingga membuat orang tertarik untuk mencurinya. Kisah pencurian lukisan ini pun terdapat dalam siniar Tinggal Nama bertajuk “Lukisan Rembrandt Digondol Maling [Pt. 1]”.

Tak hanya itu, di dunia nyata, ada pula lukisan-lukisan terkenal yang dipatok dengan harga fantastis. Lukisan apa sajakah itu?

1. Salvator Mundi oleh Leonardo da Vinci

Dilansir Invaluable, lukisan termahal di dunia yang dijual seharga 450,3 juta dolar adalah “Salvator Mundi” karya Leonardo da Vinci. Lukisan ini diperkirakan dibuat sekitar tahun 1490–1500.

Bahkan, lukisan ini dinilai melampaui ekspektasi pelelangan. Hal ini disebabkan oleh permintaan yang tinggi akan lukisan seniman ternama dan persaingan di antara kolektor untuk memiliki karya mereka.

Sebelum dilelang, lukisan itu sudah menarik banyak peminat. Awalnya, lukisan tersebut hanya dijual seharga 45 poundsterling pada 1958. Kemudian pada 2005, lukisan ini dibandrol hingga 127,5 juta dolar oleh miliarder Rusia, Dmitry E. Rybolovlev.

Baca juga: 3 Kasus Pembunuhan dengan Pelaku Miliarder

Meski harganya fantastis, penjualan lukisan ini memunculkan pendapat yang bertentangan. Banyak yang menganggap penjualan itu sebagai ajang adu ketenaran daripada apresiasi dan rasa hormat terhadap seni lukis.

2. Les Femmes d'Alger (“Versi O”) oleh Pablo Picasso

Pada penjualan Christie's 2015 “Looking Forward to the Past” yang menampilkan seni abad ke-20, Les Femmes d'Alger (“Versi O”) karya Pablo Picasso terjual seharga 179, 4 juta dolar.

Lukisan ini terjual melalui pelelang bernama Brett Gorvy, Kepala Seni Kontemporer Internasional Christie, yang menawar melalui panggilan telepon. Pada acara pelelangan itu, lukisan ini mencapai rekor harga tertinggi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.