Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Kritik Mulan Jameela Saat Rapat DPR soal Kompor Listrik, Apa yang Disampaikan?

Kompas.com - 24/09/2022, 11:27 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Netizen di media sosial tengah ramai membicarakan mengenai kritikan penyanyi Mulan Jameela yang saat ini menjadi anggota DPR RI.

Netizen merespons positif pendapat Mulan yang menyampaikan kritik terkait wacana kompor listrik yang akan diterapkan pemerintah.

“Gue kali ini bela Mulan Jameela, meski kaga suka dg si doi. Tp dia benar, tagihan listrik akan sgt membengkak jika pake. Ini org2 yg pengen kompor listrik, pake sndr aja. Kami kerja rakyat banyak ga butuh kompor listrik. Butuhnya gas murah bahan makanan murah,” ujar salah satu akun di media sosial Twitter.

Setuju bu mulan.. Dan lagi nih yah saya bingung dan kasian, begimana tuh tukan bakso sama tukang nasgor yg jualan keliling kalo pake kompor listrik? Bawa tiang listrik kemana mana?” ujar akun yang lain.

“Bokap gue udh lama punya kompor induksi. Itu kompor cuma bisa dipake sama panci besi dan pantat rata. Panci yg gak ketempelan magnet gak bakal bisa dipake di kompor ini. Well, Mulan said the right thing. Kompor listrik is useless.,” ujar akun yang lain.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Kompor Listrik?


Lantas, sebenarnya apa yang disampaikan Mulan Jameela dalam rapat tersebut?

Pernyataan Mulan Jameela soal kompor listrik

Pernyataan Mulan yang ramai dibicarakan netizen di media sosial ini muncul saat agenda rapat kerja Komisi VII dengan Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin pada Rabu (21/9/2022).

Dalam rapat tersebut, Mulan menilai adanya program konversi kompor listrik adalah menyelesaikan masalah dengan masalah baru.

“Menurut saya program koversi kompor gas ke induksi, sepertinya betul kata Pak Bambang. Ini menyelesaikan masalah ke masalah baru,” ujarnya, dikutip dari Kompas.TV, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Kompor Listrik Vs Kompor Induksi: Perbedaan dan Cara Kerjanya

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra R Wulansari alias Mulan Jameela di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).KOMPAS.com/HARYANTI PUSPA SARI Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra R Wulansari alias Mulan Jameela di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Ia mengatakan pembahasan peralihan kompor LPG ke listrik adalah bahasan yang bisa dipahami oleh ibu-ibu termasuk dirinya.

“Berhubung saya ibu-ibu yang ngurusin urusan kompor di dapur, mengerti betul sebetulnya yang dibutuhkan kompor seperti apa,” ujarnya dalam rapat tersebut.

Mulan mengatakan, mengerti bahwa Kementerian Perindustrian hanya melaksanakan mandat, adapun kebijakan ada pada PLN dan Presiden.

Namun dirinya menilai program konversi kompor gas ke listrik adalah program yang terburu-buru.

Dirinya mengkritisi, harga kompor listrik Rp 1,5 juta, namun dengan harga demikian apakah hal tersebut sudah termasuk dengan wajan dan panci.

“Wajan, panci (untuk kompor listrik) mahal-mahal pak. Jujur porsinya saya di sini kapasitasnya sebagai anggota DPR RI sekaligus emak-emak,” katanya lagi.

Baca juga: Kompor Elpiji Vs Kompor Induksi, Hemat Mana?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com